eprintid: 14957 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/57 datestamp: 2022-06-24 04:32:34 lastmod: 2022-06-24 04:32:34 status_changed: 2022-06-24 04:32:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saudia, Desta creators_name: Kusnadi, Engkus creators_id: Lusianadewwii@gmail.com creators_id: engkus255@gmail.com title: Pengaruh Media Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Puding Besar ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Puding Besar materi keliling dan luas bangun datar Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitiannya adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 25 soal valid dan 5 soal Drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,93 >Rhitung = 0,93 > Rtabel = 0,444, maka data tesebut reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors diperoleh hasil dari kelas eksperimen yaitu Lhitung < Ltabel yaitu 0,1677 < 0,190. Sedangkan hasil dari kelas kontrol yaitu Lhitung < Ltabel yaitu 0,1664 < 0,190 Maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh dari hasil post-test kedua kelas yaitu Fhitung < Ftabel yaitu 1,21 < 2,15, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t pada soal post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu thitung = 2,91 > 2,02 Ttabel maka Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Puding Besar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada Duludu, U. A. T. A. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish Faturrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendekia Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing Hanafi, H. Dkk. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish Ibrahim, M. D. (2003). Basic Life Skill. Jakarta: MHMMD Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana Kurniawan, A. (2019). Pengertian Matematika - Bidang, Logika, Karakteristik, Manfaat, Para Ahli. Diakses tanggal 29 Januari 2020, dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/ Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Maulana. dkk. (2015). Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Pontianak: Yudha English Gallery Muhammad, F (2014). Sekali Hidup Sepenuh Hati. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta Najoan, A. O. R. (2019). Strategi Pemecahan Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Sulawesi Utara: Yayasan Makaria Waya Nistikawati. (2017). Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Media Visual. Diakses tanggal 29 Januari 2020, dari http://niskitawati26.blogspot,com/2017/04/langkah-langkah-penggunaan-media.html?m=1 Oka, G. P.A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish Rahmat, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka Rusli, M. Dkk. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: CV Andi Offset Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish Siregar, E. & Nara, H. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Sumiharsono, R & Hasanah H. (2017). Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi Sunaryo. (2017). Aplikasi Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis. Malang: UB Press Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group Syafaruddin. Dkk.(2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish Syariffudin.(2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group citation: Saudia, Desta dan Kusnadi, Engkus (2020) Pengaruh Media Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Puding Besar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14957/1/FKIP_PGSD_1601025063_DESTA%20SAUDIA.pdf