%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %L repository14957 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Puding Besar materi keliling dan luas bangun datar Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitiannya adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 25 soal valid dan 5 soal Drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,93 >Rhitung = 0,93 > Rtabel = 0,444, maka data tesebut reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors diperoleh hasil dari kelas eksperimen yaitu Lhitung < Ltabel yaitu 0,1677 < 0,190. Sedangkan hasil dari kelas kontrol yaitu Lhitung < Ltabel yaitu 0,1664 < 0,190 Maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh dari hasil post-test kedua kelas yaitu Fhitung < Ftabel yaitu 1,21 < 2,15, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t pada soal post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu thitung = 2,91 > 2,02 Ttabel maka Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Puding Besar. %A Desta Saudia %A Engkus Kusnadi %D 2020 %T Pengaruh Media Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Puding Besar