eprintid: 14953 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/53 datestamp: 2022-06-25 05:32:18 lastmod: 2022-06-30 11:33:28 status_changed: 2022-06-25 05:32:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetya, Aldy creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: Aldyprazzz26@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Analisis Gestur dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Media Lagu Berbasis Etnomatematika ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gestur dan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui media lagu berbasis etnomatematika. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan subjek yang diambil empat orang siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil observasi menunjukkan adanya penggunaan variasi gestur yang muncul sebanyak 223 gestur yang terdiri dari 123 gestur ikonik, 68 gestur metaforik dan 32 gestur diektik. Hasil analisis terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang dilakukan kepada keempat subjek menunjukkan bahwa masing-masing subjek memiliki kemampuan pemahaman yang beragam. Pencapaian indikator siswa yang memiliki pemahaman tinggi tidak ditemukan adanya kesulitan dalam menjawab soal dan untuk pencapaian indikator siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah umumnya memiliki beberapa kesalahan atau kesulitan yang dialami siswa ketika menjawab soal. Kemudian hasil wawancara juga menunjukkan bahwa penggunaan media lagu berbasis etnomatematika dalam pembelajaran ini cukup efektif untuk memancing siswa antusias dan aktif dalam belajar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achadiyah, N. L. (2017). Gestur Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematis Secara Berkelompok. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 49-56. Albanese, V., & Perales Palacios, F. (2015). Enculturation with Ethnomathematical Microprojects: From Culture to Mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 9(1), 1–11. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Sps Upi, Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus(2), 154–163. Dharma, S. (2008). Pendekatan, jenis, dan metode penelitian pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Dp, G. P. I. Y., Dantes, N., & Sulastri, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis-Otak ( Brain-Based Learning ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undikhsa, 1(1), 740. Elvierayani, R. R. (2016). Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Jurnal Reforma, 4(1), 10-19. Eriana, Kartono, & Sugianto. (2018). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students’ Self-reliance Towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) On Jigsaw Technique. Journal of Primary Education, 4(1), 176–183. Gay, M. (2015). Tugas dan Tantangan Guru: Membangun Kualitas Guru Menuju Pengembangan Pendidikan Bermutu. Edukasi-Jurnal Pendidikan, 13(2), 260–271. Goldin-Meadow, S., Cook, S. W., & Mitchell, Z. A. (2009). Gesturing Gives Children New Ideas About Math. Psychological Science, 20(3), 267–272. Habibah, S. N. (2018). “Analisis Gesture Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Dalil Phytagoras Di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Tulungagung. Hamidah, N., Afidah, I. N., Setyowati, L. W., Sutini, & Junaedi. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15–24. Halili, M. (2017). Gestures sebagai Concrete Paving dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Pamator, 10(2), 78–83. Hardianto, Subanji, & Rahardjo, S. (2016). Analisis Penggunaan Gesture Untuk Siswa dalam Proses Diskusi. Pedagogy, 1(2000), 36–47. Haryadi, R., Vita, M., Utami, I. S., Ihsanudin, I., Setiani, Y., & Suherman, A. (2019). Briquettes Production As Teaching Aids Physics For Improving Science Process Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 1-8. Kt Sri Utami, N., P Sriasih, S. A., Bagus Sutresna, I., & Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, J. (2015). Penguatan Verbal dan Nonverbal Guru Bahasa Indonesia dalam Melaksanakan Pembelajaran Teks Cerpen Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banjar. Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). 1-12. Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 127–133. Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Jurnal Ilmiah, 4(2), 223–236. Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. Mahtuum, Z. A., Nurhayati, A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Budi Luhur Pada Materi Perbandingan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 137–144. Marsigit. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132–141. Mukrimatin, N. A., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. Permatasari, D., & Dra. Sri Hartini, M. P. (2018). Pengaruh Media Lagu Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Kelas IV SDN I Mojosongo, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 11(1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Mendidik, 1(2), 155–162. Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25. Puspaningrum, C. (2018). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MAN 1 Stabat Kelas X Dalam Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Matematika. UIN Sumatera Utara Medan. Putra, B. J. (2014). “Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Lagu Daerah dan Lagu Pop Di SMP Negeri 1 Muntilan”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 1015–1026. Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118–125. Rizka, S., & Mastur, Z. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 73-78. Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 35–40. Sandri, M. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 1-8. Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 150-163. Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 173–177. Shi, Y., Wei, Y., Pan, D., Deng, W., Yao, H., Chen, T., Zhao, G., Tong, M., & Liu, Q. (2019). Student Body Gesture Recognition Based on Fisher Broad Learning System. International Journal of Wavelets, Multiresolution and Information Processing, 17(1), 1–16. S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96. Sopia, N., Hartoyo, A., Matematika, P., & Tanjungpura, U. (2019). Pengembangan Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Siswa melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving Di SMA. J-PiMat, 1(1), 11–20. Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan LPPM Unindra, 1(1), 60–76. Suparni (2011). Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan dengan Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Diskusi Ilmiah Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sutisna, A. P., Maulana, & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan Rme. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1),31–40. Untari, M. F. A., Cahyadi, F., & Budiningtyas, A. K. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 92–105. Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetika Anak Usia Dini. Academia.Edu, 2(Edisi Khusus), 220–228. Wulandari, Y. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Bangun Datar Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Salatiga Berkemampuan. MAJU, 5(2), 76–87. Yenni, & Komalasari, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-84. citation: Prasetya, Aldy dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Gestur dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Media Lagu Berbasis Etnomatematika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14953/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105086_ALDY%20PRASETYA.pdf