eprintid: 14948 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/48 datestamp: 2022-06-25 05:32:12 lastmod: 2022-06-30 11:24:11 status_changed: 2022-06-25 05:32:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aqila, Syifa Nahda creators_name: Soro, Slamet creators_id: syifanahdaa19@gmail.com title: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Berdasarkan Prosedur Newman ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat berdasarkan prosedur Newman. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 174 Jakarta kelas VII-C dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel dipilih secara acak dan dikelompokkan berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitiannya dipilih 6 dari 36 siswa sesuai dengan kategorinya. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data di analisis berdasarkan prosedur Newman secara kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan lima kesalahan menurut prosedur Newman adalah sebagai berikut: 1) kesalahan membaca, tidak ada subjek yang melakukan kesalahan membaca, 2) kesalahan memahami, subjek S9 dan S34 melakukan kesalahan memahami siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, 3) kesalahan transformasi, subjek S34 melakukan kesalahan transformasi siswa tidak menuliskan dan tidak mengetahui operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal, 4) kesalahan keterampilan proses, subjek S5 melakukan kesalahan proses siswa tidak menuliskan langkah-langkah yang dikerjakan dan 5) kesalahan penulisan jawaban, subjek S34 melakukan kesalahan penulisan jawaban siswa tidak menuliskan kesimpulan atas jawaban yang sudah diperoleh. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak. Anwar, D. (2002). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia Computindo. Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamzanwadi Press. Febriani, D. E., & Mukhni. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. 7(4), 24–29. Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak. Hartini. (2008). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar menemukan sifat dan menghitung besaran-besaran segi empat siswa kelas VII semester II SMP It Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2006 / 2007. Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologian Jaffray. Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Jawa Barat: UPI Sumedang Press. Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam ( India ): An Analysis Using Newman Procedure. II(I), 17–21. Listiana, A. D., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. 1(1), 60–65. Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. 9(1), 111–122. Putra, N. (2013). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. 5(2), 173–185. S.Putri, P. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan (Studi Kasus Pada 2 Orang Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Wisma Putera Bandung). Singh, P., Abdul, A., & Sian, T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks : A Malaysian Perspective. 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036 Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suharsono, & Retnoningsih, A. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya. Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman. 7, 13–24. Syamsidah. (2019). 45 Permainan Matematika. Yogyakarya: CV Budi Utama. Trapsilo, T. E. B. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas IX SMP N 1 Banyubiru. Untoro, D. J., & Dkk. (2010). Buku Pintar Pelajaran SMA/MA IPS 6 in 1. Jakarta: PT Wahyu Media. White, A. L. (2005). Active mathematics in classrooms: Finding out why children make mistakes – and then doing something to help them. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 15(4), 15–19. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.472.9065&rep=rep1&type=pdf Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: UMM Press. citation: Aqila, Syifa Nahda dan Soro, Slamet (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Berdasarkan Prosedur Newman. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14948/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105077_SYIFA%20NAHDA%20AQILA.pdf