@phdthesis{repository14948, title = {Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Berdasarkan Prosedur Newman}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, year = {2020}, author = {Aqila, Syifa Nahda and Soro, Slamet}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14948/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat berdasarkan prosedur Newman. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 174 Jakarta kelas VII-C dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel dipilih secara acak dan dikelompokkan berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitiannya dipilih 6 dari 36 siswa sesuai dengan kategorinya. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data di analisis berdasarkan prosedur Newman secara kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan lima kesalahan menurut prosedur Newman adalah sebagai berikut: 1) kesalahan membaca, tidak ada subjek yang melakukan kesalahan membaca, 2) kesalahan memahami, subjek S9 dan S34 melakukan kesalahan memahami siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, 3) kesalahan transformasi, subjek S34 melakukan kesalahan transformasi siswa tidak menuliskan dan tidak mengetahui operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal, 4) kesalahan keterampilan proses, subjek S5 melakukan kesalahan proses siswa tidak menuliskan langkah-langkah yang dikerjakan dan 5) kesalahan penulisan jawaban, subjek S34 melakukan kesalahan penulisan jawaban siswa tidak menuliskan kesimpulan atas jawaban yang sudah diperoleh.} }