eprintid: 14946 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/46 datestamp: 2022-06-25 05:32:07 lastmod: 2022-06-25 05:32:07 status_changed: 2022-06-25 05:32:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriyah, Anis creators_name: Jusra, Hella creators_id: anisfitriyah.math@gmail.com title: Analisis Hambatan Belajar Siswa Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SMP ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara hambatan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPIT Gema Nurani pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII sebanyak 43 siswa yang kemudian peneliti fokuskan lagi kepada 6 siswa yang diambil berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, adapun jenis penelitian ini yaitu korelasional. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment, dengan pengujian persyaratan analisis menggunakan normalitas dan linearitas. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket hambatan belajar siswa kelas VII terhadap matematika. Soal yang disusun terdiri dari 5 item. Hasil pengukuran validitas soal dengan total 5 aitem valid, serta reliabilitas instrumen 0.665. Angket yang disusun terdiri dari 30 aitem berdasarkan aspek ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemology obstacle. Hasil pengukuran validitas angket dengan total 25 aitem valid, serta reliabilitas instrumen 0.854. Pada uji hipotesis digunakan uji korelasi Product Moment diperoleh nilai signifikansi 0.896 > 0.05 maka dengan demikian H1 diterima yang menyatakan tidak terdapat hubungan antara hambatan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPIT Gema Nurani. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, A. H., Abidin, N. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students' Error in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problem for the Topic of Fraction. Asian Social Science, Vol. 11, No. 21. Andi Ibrahim, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar Ahmad, Darmawati. 2018. Metodologi Penelitian. s.l. :Gunadarma Ilmu, 2018. Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2018. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2014. Azwar, saifuddin. 2012. Penyusunan Skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012. Bernard, M. and Mariam, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, Vo. 2, No 2. Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. In N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Theory of Didactical Situations in Mathematics. Australia: Kluwer Academic Publishers. Cahyani, H. and Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Cheng-Fei, L. (2012). Error Analysis in Mathematics. Behavioral Research & Teaching. De Houwer, J., Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What Is Learnings? On the Nature and Merits of a Functional Definition of Learning. Artical inPsychonomic Bulletin & Review. Dharmaraj, W. (2015). Centre for Distances Education-Learning and Teaching. Doorman, M., Drijvers, P., Dekker, T., Heuvel-Panhuizen, M. v., Lange, J., & Wijers, M. (2017). Problem Solving as a Challenge for Mathematics Education in the Netherland. Zdm Mathematics Education. Falah, I. F., & Sari, A. K. P. (2011). Learning Obstacle In Descriptive Writing. Fatimah, Iin. (2018). Identifying Student’s Learning Obstacle Of Shift Equilibrium Chemistry By Using Worksheets. Fuadiah, N. F. (2015). Epistemological Obstacles on Mathematic’s Learning in Junior High School Students. Kashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2010). Obstacles in the Learning of Two-variablr Funtions through Mathematical Thinking Approach. Procedia social and Behavioral Sciences. Kemendikbud, T. G. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud. Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. Netriawati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Mahasiswa Iain Raden Inten Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 2. OECD. (2019). Programme for International Students Assessment (PISA) Result from Pisa 2018. Prasetyo, Rian. (2011). Analisis Hambatan Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito, 2005. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2019. Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Widodo, S. A. and Purwaningsih, E. (2008). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. Wacana Akademika, Vol. 1, No. 1. Yuliani, R. E. (2016). Prespective of Theory Of Didactical Situation Toward The Learning Obstacle In Learning Mathematics. Yusuf, Y., Yuliawati W., T., & Titat R., N. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Statistika. Aksioma, Vol. 8, No. 1. citation: Fitriyah, Anis dan Jusra, Hella (2020) Analisis Hambatan Belajar Siswa Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SMP. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14946/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105075_ANIS%20FITRIYAH.pdf