%0 Thesis %9 Bachelor %A Fitriyah, Anis %A Jusra, Hella %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14946 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Analisis Hambatan Belajar Siswa Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SMP %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14946/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara hambatan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPIT Gema Nurani pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII sebanyak 43 siswa yang kemudian peneliti fokuskan lagi kepada 6 siswa yang diambil berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, adapun jenis penelitian ini yaitu korelasional. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment, dengan pengujian persyaratan analisis menggunakan normalitas dan linearitas. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket hambatan belajar siswa kelas VII terhadap matematika. Soal yang disusun terdiri dari 5 item. Hasil pengukuran validitas soal dengan total 5 aitem valid, serta reliabilitas instrumen 0.665. Angket yang disusun terdiri dari 30 aitem berdasarkan aspek ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemology obstacle. Hasil pengukuran validitas angket dengan total 25 aitem valid, serta reliabilitas instrumen 0.854. Pada uji hipotesis digunakan uji korelasi Product Moment diperoleh nilai signifikansi 0.896 > 0.05 maka dengan demikian H1 diterima yang menyatakan tidak terdapat hubungan antara hambatan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPIT Gema Nurani.