eprintid: 14945 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/45 datestamp: 2022-06-24 02:54:22 lastmod: 2022-06-24 04:15:09 status_changed: 2022-06-24 02:54:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Novita creators_name: Latief, Muhammad Jamil creators_id: novitaanggraeni058@gmail.com creators_id: jamillatief@uhamka.ac.id title: Pengaruh Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta ispublished: pub subjects: H subjects: HB divisions: sch_med abstract: Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan prestasi belajar terhadap mata pelajaran kearsipan siswa kelas x administrasi perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah Disiplin Belajar. Variabel terikat adalah Prestasi Belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment variabel Prestasi Belajar dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 40 dengan 35 soal valid dan 5 soal drop. Pada variabel Disiplin Belajar dengan angket pertanyaan sebanyak 21, 18 soal valid dan 3 soal drop. Sedangkan pada tes reliablitas dengan menggunakan metode Cornbuch’s Alpha, di dapati nilai variabel Disiplin belajar 0,759 dan Prestasi Belajar 0,909, dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai lebih dari 0,60 yang artinya kedua variabel tersebut reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lillifors memperoleh hasil variabel Prestasi Belajar 0,168 dan variabel Disiplin Belajar 0,091 dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai lebih besar dari 0,05 yang artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X SMK Mahadhika 1 Jakarta. Dari hasil perhitungan regresi menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regresi diperoleh Fhtiung = 74, 059 dan Ftabel yaitu 3, 96 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ȳ = 4, 977 + 0,286. Dengan sumbangan relative kontribusi R yang diperoleh R= 0,475. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa sebesar 47,5%. Selebihnya yaitu, 52,5% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amsyah, Z. (n.d.). MANAJEMEN KEARSIPAN (11th ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dimiyati, & Mudjiono. (2013). BELAJAR & PEMBELAJARAN (4th ed.). Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B. (2008). RAHASIA SUKSES BELAJAR (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta. GIE, T. L. (1986). CARA BELAJAR YANG EFISIEN (18th ed.). Yogyakarta. Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Kompri. (2017). BELAJAR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Yogyakarta: Media Akademi. Kusuma, Z. L. (2015). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA N 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Economic Education Analyisis Journal, 1. https://doi.org/2252-6544 Marbun, S. (2018). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (1st ed.; Fungky, ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. Marlena, L. (2018). MODUL PENGOLAHAN DATA DENGAN SPSS. Muhidin Ali, S., & Winata, H. (2016). MANAJEMEN KEARSIPAN (1st ed.; U. Sontani Tatang, ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Prasasty, A. T. (2017). PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR 103 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK BINA KARYA INSAN TANGERANG SELATAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1, 65–74. https://doi.org/2549-1377 Purwanto, N. (2010). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (24th ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Riduwan. (2015). BELAJAR MUDAH PENELITIAN Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (10th ed.; B. Alma, Husdarta, Akdon, N. Mulyono, & Subandi, eds.). Bandung: ALFABETA, cv. Rosyid, Z., Mustajab, & Abdullah, R. A. (2019). PRESTASI BELAJAR (1st ed.; H. Sa’diyah, ed.). Malang. Sattar. (2019). MANAJEMEN KEARSIPAN (1st ed.). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. Slameto. (2015). BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (6th ed.). Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN MANAJEMEN (4th ed.; Setiyawami, ed.). Bandung: ALFABETA, cv. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (23rd ed.). Bandung: ALFABETA. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (9th ed.; Sutopo, ed.). Bandung: ALFABETA, cv. Syah, M. (2018). PSIKOLOGI BELAJAR (14th ed.). Rajawali Pers. Tulus, T. (2008). PERAN DISIPLIN PADA PERILAKU DAN PRESTASI SISWA (K. Wibowo, ed.). Jakarta: PT Grasindo. 104 Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4th ed.). Jakarta: Kencana. citation: Anggraeni, Novita dan Latief, Muhammad Jamil (2020) Pengaruh Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14945/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085063_NOVITA%20ANGGRAENI.pdf