eprintid: 14944 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/44 datestamp: 2022-06-25 05:32:01 lastmod: 2022-06-25 05:32:01 status_changed: 2022-06-25 05:32:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permatasari, Vyvy Hindun creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: vyvypermata@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Literasi Budaya Betawi Pada Pembelajaran Matematika ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Batik Betawi, tari cokek, ondel-ondel, rumah kebaya, dan permainan kelereng merupakan unsur peninggalan kebudayaan Betawi yang harus dilestarikan. Unsur budaya Betawi tersebut dapat dijadikan media pembelajaran karena di dalam unsur tersebut terdapat gambar yang dapat diaplikasikan pada pelajaran matematika. Unsur budaya Betawi yang dapat dijadikan media pembelajaran matematika di sekolah misalnya batik Betawi motif tumpal. Batik Betawi dengan motif tumpal dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bangun datar di kelas. Karena di dalam motif batik tumpal terdapat motif segitiga dan berbagai macam bentuk segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi budaya Betawi pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Batik Betawi motif tumpal dapat mempengaruhi literasi pada pembelajaran matematika dan juga batik Betawi motif tumpal dapat dijadikan media pembelajaran bangun datar. Dengan demikian, salah satu unsur budaya Betawi yaitu batik Betawi motif tumpal dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi bangun datar karena dapat menjadi solusi dalam memvisualisasikan objek yang bersifat konkret dan lebih mudah dipahami oleh siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75 Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617. Budaya, M. N., Sastra, D., Jurusan, O. A., Uin, M., Malik, M., & Malang, I. (2017). *) Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikannya "Kontribusi Matematika dalam Strategi Internalisasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720. Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). PAKAIAN ADAT TRADISIONAL DAERAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Ik, D. N., Wibisono, W., & Kusumah, W. I. (2019). Analisis Sains RumahTradisional Bekasi Berdasarkan Pola Pikir Budaya Masyarakatnya Sebagai Teknologi Relevan Masa Kini. 1–12. Kusumowardhani, P. (2017). Identifikasi Unsur Visual Bentuk dan Warna yang Menjadi Ciri Khas Motif Ragam Hias Batik Betawi Tarogong Jakarta. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 97–105. Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176. Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640 Paramita, S. (2018). Pergeseran Makna Budaya Ondel-Ondel Pada. 1(1), 133–138. Pradita, S. M., Pembuatan, P., Rangka, O., Budaya, P., & Pradita, S. M. (2020). HUMANIS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Ondel-Ondel dalam Rangka Pelestarian Budaya Betawi. 18(1). Pramesiwara, H. (2019). Pola {Ruang} {Dalam} pada {Rumah} {Tradisional} {Betawi}. Prosiding {Seminar} {Intelektual} {Muda} #2, 1(September), 39–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6585 Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jpmr, 5(2), 1–12. Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76. Rohmawati, N. (2016). Fenomena Tari Cokek di Jakarta. Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 1(2), 97–108. Rosa, M., Clark, D., & Rosa, M. (2015). A trivium curriculum for mathematics based on literacy , matheracy , and technoracy : an ethnomathematics perspective. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0688-1 Setiadi, E.M., Hakam, K.A., Effendi, R. (2017). Ilmu Sosial&Budaya Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri Soedarwanto, H., Muthi’ah, W., & Maftukha, N. (2018). Kajian Ekspresi Seni Dalam Ragam Hias Batik Betawi. NARADA, Jurnal Desain & Seni, 5(1), 67–79. Stacey, K. (2015). Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education. Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education, 771–790. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17187-6 Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, cv. Supriadi, - -, Arisetyawan, A., & Tiurlina, - -. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510 Suswandari. (2016). Guru Sekolah Dasar Di Wilayah. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah Tahun 2016, 34–55. citation: Permatasari, Vyvy Hindun dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Literasi Budaya Betawi Pada Pembelajaran Matematika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14944/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105072_VYVY%20HINDUN%20PERMATASARI.pdf