eprintid: 14943 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/43 datestamp: 2022-06-25 05:33:07 lastmod: 2022-06-25 05:33:07 status_changed: 2022-06-25 05:33:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurlyda, Firly Try creators_name: Soro, Slamet creators_id: firlytn@gmail.com title: Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbantu LKPD terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantu LKPD pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik dari kelas VII-1 dan VIII-2. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling. Instrumen penelitian berupa tes obyektif bentuk pilihan ganda terdiri dari 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 9 Jakarta dengan 32 peserta didik. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan thitung = 3,3637 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan Effect Size sebesar 0,8418 yang tergolong tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantu LKPD terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 46 Bekasi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617. Ahmad, M., & Asmaidah S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384. Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Armanto, D. (2002). Teaching Multiplication and Division Realistically in Indonesian Primary Schools: A Prototype of Local Instructional Theory. Enschede: PrintPartners Ipskamp. Damayanti, S., & Apriyanto, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Febrianti, C. & Irawan A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31-41. Gulo, Y. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Resitasi pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Teknologi Pilar Bangsa Tangerang. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 53. Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. Haryonik, Y., & Bhakti Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55. Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106. Irawan, A., & Kencanawaty G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74-81. Ismah, & Sundi, V. H. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Labschool FIP UMJ. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 161–169. Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Kedua; Anna, ed.). Bandung: PT Refika Aditama. Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students ’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100. Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. Nasution, D., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 293–301. Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Raharjo, M. S., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01. Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. Sidi, R., & Yunianta, T. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU, 5(1), 39-50. Sudjana. (2005). Metoda Statistika (Keenam). Bandung: PT Tarsito. Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(1), 1-10. citation: Nurlyda, Firly Try dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbantu LKPD terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14943/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105071_FIRLY%20TRY%20NURLYDA.pdf