%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %L repository14942 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi “Quizizz” pada siswa kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent group posttest-only design. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan menggunakan uji normalitas dengan rumus kelas eksperimen diperoleh Chi-Kuadrathitung < Chi-kuadrattabel , yaitu 5,502 < 7,851. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 3,94 < 7,815 signifikan q=0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel didapat 1,186 < 1.861, maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas memiliki varians yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 1,139 dan nilai dan nilai ttabel = 2,002. Jika dibandingkan didapat nilai thitung < ttabel yaitu 1,139 < 2,002 dengan taraf signifikan a= 0,05. Dengan demikian Ho diterima yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi “Quizizz” pada siswa kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur. %A Luluk Regita Handayani %A Nurrohmatul Amaliyah %D 2020 %T Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Aplikasi “Quizizz” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur.