eprintid: 14941 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/41 datestamp: 2022-06-25 05:33:38 lastmod: 2022-06-30 11:18:08 status_changed: 2022-06-25 05:33:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ekasari, Anisa Nur creators_name: Tsurayya, Ayu creators_id: ayu.tsurayya@uhamka.ac.id title: Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Materi Persamaan Diferensial Orde Satu ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Skripsi ini membahas mengenai pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk meningkatkan kemandirian belajar pada materi persamaan diferensial orde satu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Mahasiswa pada materi Persamaan Diferensial Orde Satu dan mengukur peningkatan kemandirian belajar dari sebelum menggunakan lembar kerja dan sesudah menggunakan lembar kerja. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahapan yaitu: Define (Tahap Pendefinisian), Design (Tahap Perancangan), Develop (Tahap Pengembangan), Disseminate (Tahap Penyebaran). Penelitian ini melibatkan 4 orang, yaitu 2 dosen sebagai ahli materi dan 2 dosen sebagai ahli media. Selain itu juga melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester IV Tahun Akademik 2019/2020 yang sedang menempuh mata kuliah Persamaan Diferensial. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian yang diketahui bahwa lembar kerja mahasiswa (LKM) materi persamaan diferensial orde satu yang telah disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran maasiswa dengan hasil skor rerata yang diperoleh yaitu penilaian Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) oleh ahli materi ialah 70,46 dengan kategori “layak” dan oleh ahli media ialah 87,01 dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian respon 15 mahasiswa dalam uji coba terbatas yaitu 84,63 dengan kategori “baik”. Kemandirian belajar meningkat setelah menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) yang telah disusun, dengan hasil skor rerata yang diperoleh pada peningkatan kemandirian belajar mahasiswa sebelum menggunakan lembar kerja dan sesudah menggunakan lembar kerja melalui angket mengalami peningkatan sebesar 9,33%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afri, L. D. (2019). Berbasis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Absis, 12–19. Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4863 Basuki, W. A., & Wijaya, A. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012112 Budiman, F. A., Soesanto, & Widjanarko, D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Praktik Analitik bagi Calon Guru SMK Otomotif. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.11104 Daniel, F., Naisunis, Y. P., & Taneo, P. N. L. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Persamaaan Diferensial. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 107–119. Fikriah, N. (2019). pengembangan modul persamaan diferensial biasa berbasis kontestual mahasiswa jurusan pendidikan matematika. In SSRN Electronic Journal (Vol. 5, Issue 564). https://doi.org/10.4324/9781315853178 Hadi, A. N., Djauhari, E., Supriatna, A. K., & Johansyah, M. D. (2019). Teknik Penentuan Solusi Sistem Persamaan Diferensial Linear Non-Homogen Orde Satu. Jurnal Matematika, 18(1), 29–40. Hapizah. (2014). Pengembangan Instrumen Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Kreano: JurnalMatematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 73–81. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3280 Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565 Hastari, R. C. (2018). Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Mahasiswa Di Kabupaten Tulungagung. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 180. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.829 Khusna, A. H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Scaffolding Untuk Memahamkan Konsep Fungsi Pada Mahasiswa. 01, 18–23. Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2019a). Worksheet Persamaan Differensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Teori Dan Aplkasi Matematika, 3(2), 149–155. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1045 Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2019b). Worksheet Persamaan Differensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 149. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1045 Lumbantoruan, J. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Persamaan Diferensial Berbasis Model Brown Di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan IlmuPendidikan Universitas Kristen Indonesia Tahun 2017 / 2018. Jurnal EduMatsains, 3(2), 147–168. Mairing, J. P., & Lorida, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Dan Proyek Pada Matakuliah Analisis Data. Jurnal Pendidikan, 14(2), 53–61. https://doi.org/10.33830/jp.v14i2.356.2013 Merona, S. P. (2019). Penggunaan Modul Statitistika Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). Muhafzan. (2008). Solusi Non Negatif Parsial Sistem Persamaan Diferensial Linier Orde Satu. Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754 Nurhardiani, K. (2011). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Persamaan Diferensial Orde-1 Pada Matakuliah Persamaan Diferensial Dengan Panduan Kriteria Watson. 4(1), 30–52. Nurlaili, & Rifanti, U. M. (2020). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Permasalahan Persamaan Diferensial Linier Orde Pertama: Studi Kasus Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITTP. Jurnal Gantang, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1742 Oktavia, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis Kesulitan mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu. Prosiding, Knpmp I, 99–108. Panadero, E., Jonsson, A., & Botella, J. (2017). Effects of self-assessment on self-regulated learning and self-efficacy: Four meta-analyses. Educational Research Review, 22, 74–98. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.08.004 Riwayati, S., & Destania, Y. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 104. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.409 Sanjayanti, A., & Budiretnani, D. A. (2015). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia Independence of Student Learning on XI MIA-5 Class of SMAN 1 Kediri of PBL Models of Human Reproductive System Materials. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 361–363. https://media.neliti.com/media/publications/174780-ID-none.pdf Sari, R. I. (2013). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas Xii Man 1 Batang Hari. Journal of Chemical Information and Modeling,53(9),1689–1699.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sma. Infinity Journal, 2(2), 144. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31 Sukmawati, R., & Yenni. (2020). Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Smp Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Sigma, 5(2), 57. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.752 Sulistyorini, Y. (2017). Analisis Kesalahan Dan Scaffolding Dalam Penyelesaian Persamaan Diferensial. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 91. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp91-104 Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Academia.Edu, 1983, 1–9. https://doi.org/10.1111/j.1095-8312.2011.01677.x Susanah. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Matematika Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1:), 7–12. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.9.1:.1977.7-12 Syahri, A. A., Satriani, S., Ma’rup, & Bahar, E. E. (2019). Pengembangan Buku Kerja Persamaan Diferensial Biasa Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Unismuh Makassar. MaPan, 7(2), 342–358. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a12 Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384 Wahyuningsih, I. D., Hidayat, A., & Lisnawati, C. (2019). Penggunaan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 85–94. Yunita, A., & Septia, T. (2015). Efektifitas Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Struktur Aljabar. Jurnal Pelangi, 6(2). https://doi.org/10.22202/jp.v6i2.295 citation: Ekasari, Anisa Nur dan Tsurayya, Ayu (2020) Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Materi Persamaan Diferensial Orde Satu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14941/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105070_ANISA%20NUR%20EKASARI.pdf