eprintid: 14940 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/40 datestamp: 2022-06-25 05:33:12 lastmod: 2022-06-25 05:33:12 status_changed: 2022-06-25 05:33:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gustiana, Alfia Dwi creators_name: Tsurayya, Ayu creators_id: alfiagustiana8@gmail.com title: Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan tahapan Newman. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling didapat 6 peserta didik dari kelas X IIS 1. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan membaca sebesar 40,5%, kesalahan memahami sebesar 33,3%, kesalahan transformasi sebesar 35,7%, kesalahan keterampilan proses sebesar 40,5%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 38,1%. Faktor penyebab kesalahan peserta didik dikarenakan kurangnya penguasaan bahasa, ketidaktelitian dalam memahami soal, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, peserta didik kurang memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel, dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustin, D. D., Marlina, E., Sara, H., Haerul, J., Studi, P., Matematika, P., … Barat, J. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan fong’s schematic model for error analysis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. JES-MAT, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2504 Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 147–163. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php Azis, D. M., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMAN 1 Cisaat. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 193–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.193-206 Habibah, A. (2020). IDENTIFIKASI KESALAHAN-KESALAHAN SISWA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN. 1(2), 122–129. Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. 1. Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035 Isnaini, Sugiarti, I. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37–51. Karunia Suci, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Ekuivalen Universitas Muhammadiyah Purworejo E-ISSN 2541-4070, 2(1), 19–24. Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56. Muchlis, E.E.,& Susanta, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan Di SD Negeri 69 Kota Bengkulu. 3(1), 129–139. Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswadalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983 Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2017). Kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia 2017. Erlangga. Perkasa, A., Izzati, N., Maritim, U., & Ali, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan. 1(2), 48–53. Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639 Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49. Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis Kesalahandalam Menyelesaikansoal Materi Termodinamika Pada Siswasma. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39. Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Suharsimi Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Susilawati, L., Farida, N., & Pranyata, Y. I. P. (2020). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR MODEL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN NEA (NEWMAN’S ERROR ANALYSIS. 5(1), 8–18. White, Allan L. (2005). Active Mathematics In Classrooms : Finding Out Why Children Make Mistakes – And Then Doing Something To Help Them . 15(4). White, Allan Leslie. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Allan Leslie White Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148. Zulfah, Z. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Di Kelas X Sma Negeri 1 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 121. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i1.600 citation: Gustiana, Alfia Dwi dan Tsurayya, Ayu (2020) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14940/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105068_ALFIA%20DWI%20GUSTIANA.pdf