eprintid: 14938 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/49/38 datestamp: 2022-07-06 07:49:44 lastmod: 2022-07-13 02:12:12 status_changed: 2022-07-06 07:49:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mardika, Ahmad title: Pengaruh Variasi Penggunaan Ecu dan Njektor Terhadap Daya, Torsi Dan Afr di Motor 4 Langkah Efi Automatic ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ divisions: 21201 abstract: Perkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi sepeda motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) dengan injektor pada sepeda motor injeksi. ECU berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi dan data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Dengan adanya variasi ECU dan injektor di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar AFR) dengan variasi penggunaan ECU dan injektor pada motor 4 langkah EFI 110cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menghidupkan mesin dengan bukaan gas 5500 rpm sampai dengan bukaan gas penuh (full throttle) atau pada putaran mesin 8000 rpm. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan programmable ECU dan injektor ED04 dengan daya sebesar maksimal 7.37 hp pada putaran mesin 6940 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga programmable ECU dan injektor ED04 6,54 N.m pada putaran mesin 6540 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar-udara, dapat disimpulkan bahwa menggunakan ECU dan injektor standar masih unggul dalam proses perbandingannya. Dimana nilai AFR rata-rata yang di dapatkan yaitu 12,77: 1. date: 2019-11-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andika prasetya. (2017). Pengaruh penggunaan campuran bioetanol dari biji cempedak dalam pertamax terhadap kinerja motor matik. anggi, putra anugrah. (2016). Studi eksperimental tentang pengaruh ecu ( engine control unit ) terhadap kinerja motor bakar 4 langkah 150 cc berbahan bakar pertalite. Handoko, C. (2017). PENGARUH PERUBAHAN DURASI INJEKSI DAN TIMING PENGAPIAN TERHADAP PEFORMA MESIN HONDA VARIO 125 MENGGUNAKAN ECU PROGRAMMABLE JUKEN 2 YAMAHA VIXION PADA MOBIL HYBRID H15 GARUDA UNY. 200. Muhamad, Z. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN JENIS BUSI TERHADAP UNJUK KERJA (Performance) MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH (For Strock). Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. In Foreign Affairs (Vol. 91). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Rahman, R. M., Widjanarko, D., & Wijaya, M. B. R. (2018). PERBEDAAN UNJUK KERJA MESIN MENGGUNAKAN ELECTRONIC CONTROL UNIT TIPE RACING DAN TIPE STANDAR PADA SEPEDA Iquteche pada kendaraan Yamaha Vixion dapat. 3, 138–143. Setiyo, M., & Utoro, L. (2017). RE-MAPPING ENGINE CONTROL UNIT ( ECU ) UNTUK MENAIKKAN. 11(2), 62–68. Studi, P., Teknik, P., & Murdianto, I. (2016). PERBEDAAN PERFORMA (DAYA, TORSI ,KONSUMSI BAHAN BAKAR) MENGGUNAKAN INJEKTOR STANDART DAN INJEKTOR RACING DENGAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTAMAX PLUS PADA SEPEDA MOTOR V-XION. Tristianto, V. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN INJECTOR VIXION DAN ECU RACING. (2), 1–10. citation: Mardika, Ahmad (2019) Pengaruh Variasi Penggunaan Ecu dan Njektor Terhadap Daya, Torsi Dan Afr di Motor 4 Langkah Efi Automatic. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14938/1/digital_8115-eSTM-2019009%20Ahmad%20Mardika.pdf