@phdthesis{repository14938, month = {November}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA}, year = {2019}, title = {Pengaruh Variasi Penggunaan Ecu dan Njektor Terhadap Daya, Torsi Dan Afr di Motor 4 Langkah Efi Automatic}, abstract = {Perkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi sepeda motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) dengan injektor pada sepeda motor injeksi. ECU berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi dan data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Dengan adanya variasi ECU dan injektor di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar AFR) dengan variasi penggunaan ECU dan injektor pada motor 4 langkah EFI 110cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menghidupkan mesin dengan bukaan gas 5500 rpm sampai dengan bukaan gas penuh (full throttle) atau pada putaran mesin 8000 rpm. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan programmable ECU dan injektor ED04 dengan daya sebesar maksimal 7.37 hp pada putaran mesin 6940 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga programmable ECU dan injektor ED04 6,54 N.m pada putaran mesin 6540 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar-udara, dapat disimpulkan bahwa menggunakan ECU dan injektor standar masih unggul dalam proses perbandingannya. Dimana nilai AFR rata-rata yang di dapatkan yaitu 12,77: 1.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14938/}, author = {Mardika, Ahmad} }