eprintid: 14934 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/34 datestamp: 2022-06-25 05:33:33 lastmod: 2022-06-25 05:33:33 status_changed: 2022-06-25 05:33:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Riyanisari, Inayati Fauzizah creators_name: Alyani, Fitri creators_id: Ifauzizahfr@gmail.com title: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, peserta didik yang dijadikan subjek penelitian yaitu tiga peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori tinggi mampu melakukan langkah membaca dan memahami masalah, mampu membuat strategi dan pemecahan masalah pada soal nomor 1, serta melakukan langkah membaca dan memahami masalah, membuat strategi dan pemecahan masalah, serta langkah pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 2. Peserta didik dengan kategori sedang mampu melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah, dan pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 1, serta melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah pada soal nomor 2. Peserta didik dengan kategori rendah mampu melakukan langkah membuat strategi pada soal nomor 1, serta mampu melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah, dan langkah pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 4. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448 Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304 ARI WAHYU SUCI, A. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2). Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62. Baiduri. (2015). Pengaruh Tahapan Polya dalam Pemecahan Masalah terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 41–48. Creswell, J. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Deliyianni, E., Gagatsis, A., Elia, I., & Panaoura, A. (2016). Representational Flexibility and Problem-Solving Ability in Fraction and Decimal Number Addition: A Structural Model. International Journal of Science and Mathematics Education, 14, 397–417. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9625-6 Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/318529138 Heryani, Y., & Ramadani, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya Belajar Model Honey-. Metaedukasi, 1(2), 66–71. Ibnu, M., Indriyani, B., Inayatullah, H., & Guntara, Y. (2019). Aplikasi RASCH Model : Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Mekanika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 205–210. Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Prof.Dr.Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, cv. Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, cv. Pujiastuti, E., Mulyono., & Soedjoko, E. (2018). Pengungkapan Koneksi Matematis Sebagai Sarana Penelusuran Kemampuan dan Proses Memecahkan Masalah Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 618–627. Rofiqoh, N. R. (2016). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear tiga variabel di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Retrieved from http://repository.ump.ac.id/2547/3/Ninda Rizqi Rofiqoh_BAB II.pdf Rudtin, N. A. (2013). Penerapan Langkah Polya Dalam Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(01), 17–31. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 142–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020 Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problemsolving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94 Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. Retrieved from http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf Wibisono, S. (2019). Aplikasi Model Rasch Untuk Validasi Instrumen Pengukuran Fundamentalisme Agama Bagi Responden Muslim. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 3(3). https://doi.org/10.15408/jp3i.v3i3.10731 Widjajanti, D. B., & Jurusan Pendidikan Matematika, F. U. N. Y. E. dj_bondan@yahoo. co. (2009). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA: APA dan BAGAIMANA MENGEMBANGKANNYA P-25 Oleh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 402–413. Wilson, M., & Draney, K. (2002). A Technique for Setting Standards and Maintaining Them over Time. Measurement and Multivariate Analysis, 325–332. https://doi.org/10.1007/978-4-431-65955-6_35 citation: Riyanisari, Inayati Fauzizah dan Alyani, Fitri (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14934/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105059_INAYATI%20FAUZIZAH%20RIYANISARI.pdf