%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, peserta didik yang dijadikan subjek penelitian yaitu tiga peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori tinggi mampu melakukan langkah membaca dan memahami masalah, mampu membuat strategi dan pemecahan masalah pada soal nomor 1, serta melakukan langkah membaca dan memahami masalah, membuat strategi dan pemecahan masalah, serta langkah pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 2. Peserta didik dengan kategori sedang mampu melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah, dan pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 1, serta melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah pada soal nomor 2. Peserta didik dengan kategori rendah mampu melakukan langkah membuat strategi pada soal nomor 1, serta mampu melakukan langkah membuat strategi dan pemecahan masalah, dan langkah pengecekan proses dan jawaban pada soal nomor 4. %A Inayati Fauzizah Riyanisari %A Fitri Alyani %L repository14934 %D 2020 %T Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Jakarta %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka