eprintid: 14932 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/32 datestamp: 2022-06-25 05:35:04 lastmod: 2022-06-30 11:13:28 status_changed: 2022-06-25 05:35:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwijayanti, Alma creators_name: Soro, Slamet creators_id: almadwi.22@gmail.com title: Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 26 Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bekasi. Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 78 siswa dari kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat yang digunakan uji normalitas lilliefors diperoleh Lhitung = 0,1257 < 0,1419 = Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung=1,02<1,70=Ftabel maka disimpulkan bahwa data tersebut memiliki varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung=2,27>1,67=ttabel maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Kedua). Jakarta: Bumi Aksara. Awisati, Echazarra, Giford, & Sachwabe. (2018). Indonesia What 15-year-old students in Indonesia know and can do Figure 1 . Snapshot of performance in reading , mathematics and science. Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018, 1–10. Habibi, M. (2012). Kreativitas dan pengembangannya (Kesatu). Sleman: Deepublish. Hung, L. T., Hoang Ha, L. T., & Thanh Thu, L. T. (2019). Applying Formative Assessment Techniques to Promote Students ’ Learning Outcomes and Interest. Antlantis Press, 258(Icream 2018), 315–320. Indrawan. (2007). Kamus lengkap bahasa indonesia. Yogyakarta: Lintas Media. Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan (Kedua). Bandung: Refika Aditama. Koklu, O. (2018). Creative problem posing activity ( cppa ): a new approach for evaluating creative thinking abilities in mathematics. 06(09), 86–96. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i9.m01 Malawi, I., & Sri Maruti, E. (2016). Evaluasi pendidikan (Kesatu). Magetan: AE Media Grafika. Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project ( MMP ). 5(1), 14–25. Munandar, U. (2004). Pengembangan kreativitas anak berbakat (Kedua). Jakarta: Rineka Cipta. Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. 2(1), 63–75. Nurlaela, L., & Ismayati, E. (2015). Strategi belajar berpikir kreatif. Yogyakarta: Ombak. Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP di Cimahi. 9(1), 47–53. Rakoczy, K., Pinger, P., Hochweber, J., Klieme, E., Schütze, B., & Besser, M. (2019). Formative assessment in mathematics : Mediated by feedback ’ s perceived usefulness and students ’ self-e ffi cacy. 60(December 2017), 154–165. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.01.004 Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2015). Evaluasi pembelajaran (Kesatu). Bandung: Pustaka Setia. Ruziana, D., & Prihatnani, E. (2019). Kreativitas siswa produk kurikulum 2013. 3(1), 73–81. Schoevers, E., Kroesbergen, E., & Kattou, M. (2018). Mathematical creativity : a combination of domain- general creative and domain-specific mathematical skills. Creative behavior, 0, 1–11. https://doi.org/10.1002/jocb.361 Sriyanti, I. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika (Kesatu). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Sudjana. (2005). Metode statistika (Kesatu). Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharna, H. (2018). Teori berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika (Pertama). Yogyakarta: Deepublish. Susanti, R. (2019). Penerapan edmodo pada pemberian tes formatif mahasiswa pendidikan profesi guru matematika. Susilawati, D. (2018). Tes dan pengukuran (Kesatu). Sumedang: UPI Sumedang Press. Widiastuti, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/5961/pdf citation: Dwijayanti, Alma dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 26 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14932/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105057_ALMA%20DWIJAYANTI.pdf