%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bekasi. Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 78 siswa dari kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat yang digunakan uji normalitas lilliefors diperoleh Lhitung = 0,1257 < 0,1419 = Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung=1,02<1,70=Ftabel maka disimpulkan bahwa data tersebut memiliki varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung=2,27>1,67=ttabel maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pemberian tes formatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. %A Alma Dwijayanti %A Slamet Soro %L repository14932 %D 2020 %T Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 26 Bekasi %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka