eprintid: 14928 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/28 datestamp: 2022-06-25 05:34:58 lastmod: 2022-06-30 11:12:24 status_changed: 2022-06-25 05:34:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Biuti, Ailupita Rizkia creators_name: Azhar, Ervin creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 184 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ekspositori berbantu kuis terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 184 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Non Equivalent Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 44 siswa dari kelas VII-A dan VII-E. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 soal dan soal uraian sebanyak 2 soal dengan 4 variasi soal yang berbeda. Uji validitas dengan menggunakan validitas logis, dimana kevalidan instrumen yang diuji sudah berdasarkan indikator dan sudah diuji oleh 3 ahli, sehingga instrumen sudah dinyatakan valid secara logis. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lhitung 0,093 < Ltabel 0,184 untuk kelas eksperimen dan Lhitung 0,181 < Ltabel 0,184 untuk kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,342 < Ftabel 2,084, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 2,323 pada = 0,05 dengan ttabel 1,682 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model ekspositori berbantu kuis pada kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anjarrini, K., & Firdasari, K. (2020). Analisa Buku Bahan Ajar Wudhu Kelas 1 SD/MI. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Astuti, N. F., Achmadi, & Rosyid, R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Ayat Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(9). Depdiknas. (2008). Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA. Jakarta. Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model RMS (Reading, Mind Mapping And Sharing) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 36. Djamas, D., Ramli, Sari, S. Y., & Anshari, R. (2016). Analisis Kondisi Awal Pembelajaran Fisika SMAN Kota Padang (Dalam Rangka Pengembangan Bahan Ajar Fisika Multimedia Interaktif Berbantuan Game). Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2). DOI: doi.org/10.21009/1.02208. Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 174. Hartatik, S., & Herlambang, T. (2017). Analisis Korelasi antara Materi Geometri Bangun Datar pada Pembelajaran Matematika di Sekolah dengan Materi OSN Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Education and Human Development Journal, 02(01), 102–103. Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2),187. DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619. Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 47. Indriyani, N. (2019). Pengaruh Metode Ekspositori yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA. Repository Radenintan. Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). Kartikarini, A. A. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Model Pembelajaran Addie Dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Time Token Terhadap Siswa SMP. UNNES Repository. Kholifah, U. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Scaffolding. UNNES Repository. Marpaung, D. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal (SEJ), 8(4), 360-368. Mcdaniel, M. A., Thomas, R. C., Agarwal, P. K., Mcdermott, K. B., & Roediger, H. L. (2013). Quizzing in Middle-School Science: Successful Transfer Performance on Classroom Exams. Applied Cognitive Psychology, 27(3), 360–372. DOI: https://doi.org/10.1002/acp.2914. Nguyen, K., & Mcdaniel, M. A. (2015). Using Quizzing to Assist Student Learning in the Classroom: the Good, the Bad, and the Ugly. Teaching of Psychology, 42(1), 87–92. DOI: https://doi.org/10.1177/0098628314562685. Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81–88. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Permatasari, N. K. T., Parmiti, D. P., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 152. Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 90–98. Rizal M, M., Tayeb, T., & Latuconsina, N. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 171–184. Sahidun, N., & Umaternate, F. (2018). Teori Belajar Koneksionisme dan Implikasinya pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 10(1), 26. Salmawati. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Ekspositori dengan Pemberian Kuis. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 99–109. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72. Sari, D., & Usmadi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token disertai Pemberian Kuis dalam Pembelajaran Matematika. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 29–38. Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114-123. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.2587 Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 2(20), 122–131. Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 224–232. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sukmawati, D., & Purbaningrum, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Kemampuan Berbicara Anak. PAUD Teratai, 4(2). Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil Belajar Kimia Siswa dengan Model Pembelajaran Metode Think-Pair-Share dan Metode Ekspositori.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249. Suniti, N. M. (2015). Model Ekspositori dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dalam Kompetensi Dasar “Memfaktorkan Bentuk Aljabar“. Jurnal Santiaji Pendidikan, 5(2), 96–102. Syahfitri, F., Anggraeni, N., Sumono, D. A., & Lubis, E. L. S. (2020). Analisis Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 70–77. Ubaidah, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Berbantuan Buku Siswa pada Materi Persamaan Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 11. citation: Biuti, Ailupita Rizkia dan Azhar, Ervin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 184 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14928/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105056_AILUPITA%20RIZKIA%20BIUTI.pdf