%D 2020 %L repository14928 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ekspositori berbantu kuis terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 184 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Non Equivalent Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 44 siswa dari kelas VII-A dan VII-E. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 soal dan soal uraian sebanyak 2 soal dengan 4 variasi soal yang berbeda. Uji validitas dengan menggunakan validitas logis, dimana kevalidan instrumen yang diuji sudah berdasarkan indikator dan sudah diuji oleh 3 ahli, sehingga instrumen sudah dinyatakan valid secara logis. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lhitung 0,093 < Ltabel 0,184 untuk kelas eksperimen dan Lhitung 0,181 < Ltabel 0,184 untuk kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,342 < Ftabel 2,084, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 2,323 pada = 0,05 dengan ttabel 1,682 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model ekspositori berbantu kuis pada kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta. %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 184 Jakarta %A Ailupita Rizkia Biuti %A Ervin Azhar