eprintid: 14925 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/49/25 datestamp: 2022-07-06 07:46:47 lastmod: 2022-07-13 02:10:46 status_changed: 2022-07-06 07:46:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suyudi, Suyudi title: Pengaruh Pendinginan Gas Buang Sepeda Motor Terhadap Performa Mesin ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ divisions: 21201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendinginan gas buang terhadap kinerja mesin sepeda motor setelah dipasang alat penukar kalor pada knalpot. Pengaruh terhadap kinerja mesin diukur dari kenaikan tekanan. Pengukuran tekanan dilakukan menggunakan manometer tabung U dan pengukuran temperatur menggunakan thermocouple dan temperature control. Penelitian ini dilakukan dengan lima variabel waktu yaitu dua menit sampai dengan sepuluh menit. Hasil sebelum dipasang alat penukar kalor selama sepuluh menit mempunyai temperatur 47,704oC dan pada kondisi setelah dipasang alat penukar kalor menggunakan air temperatur gas buang menjadi 30,544oC, dengan penurunan temperatur sebesar 17oC. Tekanan gas buang sepeda motor mengalami kenaikan dari 0,569 Psi menjadi 0,654 Psi setelah dipasang alat penukar kalor dengan menggunakan air. Penggunaan alat penukar kalor pada knalpot sepeda motor menyebabkan kenaikan gas buang sehingga mesin sepeda motor membutuhkan tenaga atau energi yang lebih besar, sehingga secara teoritis konsumsi bahan bakar naik sebesar 0,22 %. date: 2016-11-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: 1. Andi Saidah. 2013 Jurnal Rekayasa Teknologi Vol.6,No .2. “Analisa Laju Perpindahan Panas pada Dinding Cerobong dengan Panjang 10 M”. 2. Arends B.P.M., Berenschot. 1994 “Motor Bensin”. Penerbit Erlangga. Jakarta. 3. Arismunandar W. 1983 “Penggerak Mula Motor Bakar Torak”. Penerbit ITB. Bandung. 4. Hamid Abu Ahmad. 2007 “Diktat Kalor dan Termodinamika”. Universitas Negeri Yogyakarta. 5. Ir. Irwandy. MI. M.Sc, 2013 “Mekanika Fluida”. Jakarta. 6. Munson, Dona F. Young, Theodore H. Okiishi. 2004 “Fundamentals of Fluidis Mechanic”. Ed 4. Eralangga. Jakarta. 7. Siahaan Imanuel. 2011 “Uji Ekperimental Optimasi Laju Perpindahan Kalor dan Penurunan Tekanan Akibat Pengaruh Laju Aliran Air pada Alat Penukar Kalor Jenis Radiator Flat Tube”. USU. Medan. 8. Setyadi. 2016 Skripsi “Pengaruh Rpm Terhadap Perpindahan Panas Pada Pemanfaatan Potensi Panas Buang Knalpot Sepeda Motor”. Tidak Diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. 9. Ucuk Khusuturi.Ir, Agoes Santoso, Msc. M. Phil, Ir Amiadji M. M, M.sc. 2012 Jurnal Teknik Sistem Perkapalan Vol 1, 1 No.1 Perancangan Wet Type Exhaust Gas System pada Off Shore Pattrol Vessel (OPV) 80 M. ITS. Surabaya. 10. Jakarta bps. Go.id/beckend/pdf_publikasi/statistic-DKI-Jakarta-2015.Pdf 11. Kaka pintar.com/ “pengertian-penyebab pencemaran-udara-dampak-dan saran-mengatasi”. 12. Nyoto Widodo, 2015 “Statistik Transportasi DKI Jakarta 2015”. Katalog BPS : 8301007.31. citation: Suyudi, Suyudi (2016) Pengaruh Pendinginan Gas Buang Sepeda Motor Terhadap Performa Mesin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14925/1/digital_8058-eSTM-2019007%20Suyudi.pdf