eprintid: 14919 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/49/19 datestamp: 2022-06-17 08:44:27 lastmod: 2022-06-17 08:44:27 status_changed: 2022-06-17 08:44:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Reza Octa creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Digdoyo, Eko creators_id: eko@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Perhatian kepada Tayangan Iklan XL versi “Logo Baru XL” di Televisi dengan Minat Beli Mahasiswa FISIP UHAMKA Jakarta ispublished: pub subjects: H divisions: 70201 abstract: Dalam kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, selain produsen ponsel yang bersaing dengan mengeluarkan beberapa varian ponsel, para provider pun ikut bersaing untuk mendapatkan perhatian khalayak agar tertarik terhadap produk mereka. Salah satu produk barang atau jasa yang diiklankan melalui televisi yaitu XL Axiata. Bertepatan dengan ulang tahun nya yang ke 18 XL Axiata menayangkan iklan versi logo baru XL di televisi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan perhatian kepada tayangan iklan XL versi “logo baru XL” di televisi dengan minat beli pada Mahasiswa FISIP Uhamka Jakarta? Penelitian ini menggunakan paradigm positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan model AIDCA, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survey, dengan jenis penelitian eksplanatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UHAMKA, Jakarta yang berjumlah 563 orang dan sampel 234 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified sampling. Dari hasil analisis korelasi dengan rumus Pearson, dapat disimpulkan hipotesis penelitian diterima (X berkorelasi positif dengan Y), artinya hubungan perhatian tayangan iklan logo baru XL berkorelasi positif dengan minat beli pad mahasiswa FISIP UHAMKA. Untuk penelitian selanjutnya, akan lebih menarik jika meneliti sampai dengan tahap pembelian dan menjelaskan strategi apa yang digunakan perusahaan agar konsumen membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu akan terlihat apakah promosi melalui media televisi dapat meningkatkan penjualan atau tidak. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abror, Abrurrahmah. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya. Ardhana, Wayan. 1985. Pokok-pokok Ilmu Jiwa Umum. Surabaya: Usaha Nasional. Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Dakir. 1993. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Effendy, Onong. 2003. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Effendy, Onong. 2005. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Harjanto, Rudy. 2009. Prinsip-Prinsip Periklanan. Jakarta: PT. Gramedia. Jefkins, Frank. 1997. Manajemen Periklanan. Jakarta: Erlangga. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju. Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran: Jilid 1 edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia. Mulyana, Dedy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Morrisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group. Morrisan. 2009. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Prenada Media Group. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Pandji, Anoraga. 1995. Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta. Rakhmat, Jalaludin. 1988. Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.. Rakhmat, Jalaludin. 1999. Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya. Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ruslan, Rosady. 1999. Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia. Russel, Kleppner. 2009. Prosedur Periklanan. Jakarta: PT. Indeks Shaleh, Abdul Rahman & Wahab, Muhbib Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Persfektif Islam. Jakarta: Kencana Shimp, Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Jilid I Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Sudiana, Dendi. 1986. Komunikasi Periklanan Cetak. Bandung: Remadja Karya Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta. Sunaryo dan Djoenarsi. 1983. Himpunan Istilah komunikasi. Yogyakarta: Liberty. Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi. citation: Rizki, Reza Octa dan Basuki, Maryono dan Digdoyo, Eko (2016) Hubungan Perhatian kepada Tayangan Iklan XL versi “Logo Baru XL” di Televisi dengan Minat Beli Mahasiswa FISIP UHAMKA Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14919/1/FISIP_ILKOM_0806015108_REZA%20OCTA%20RIZKI.pdf