eprintid: 14917 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/49/17 datestamp: 2022-06-21 06:45:19 lastmod: 2022-07-12 02:04:00 status_changed: 2022-06-21 06:45:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purniawan, Beril Tegar title: Abu Sekam Padi Sebagai Serat Penguat Bahan Friksi Non-Asbes pada Kampas Rem Sepeda Motor ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ divisions: 21201 abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kampas rem cakram kendaraan bermotor dengan sifat fisis dan sifat mekanik yang baik, menggunakan Abu sekam padi sebagai pengganti bahan asbes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abu sekam padi untuk kampas rem kendaraan bermotor yang dihasilkan memenuhi spesifikasi kampas rem cakram sesuai dengan SNI 09-0143-1987 dan kampas rem komersil yang ada dipasaran. Komposisi ASP 100 gr memiliki kekerasan 25 HB, ASP 200 gr memiliki nilai kekerasan 23 HB, ASP 300 gr memiliki kekerasan 22 HB, dan ASP 400 gr memiliki kekerasan 21 HB. Bahan friksi dengan komposisi abu sekam padi 100 gr memiliki keausan 7,711x10-06 mm3/mm, hasil tersebut mendekati dari keausan kampas rem komersil merk YSP. date: 2019-01-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, F., Balakrishnan, S., & Wong, P.-L. (2006). Rice Husk Ash Silica As a Support Material for Ruthenium Based Heterogenous Catalyst. Journal of Physical Science, 17(2), 1–13. Adid A. Hermansyah, Hafid, G. (2005). pengaruh temperatur dan waktu terhadap keras endap (precipitation hardening) pada connecting pad sepeda motor. Metal Indonesia, 027, 35–43. Akhmad, H. (2009). Buku Paduan Praktikum Karakterisasi Material 1. Depok: Universitas Indonesia. Barsoum, M. . (1997). Fundamentals of Ceramics (Print book). New York: New York : McGraw Hill. Cherie, J.W., Gibson, H., McIntosh, C., Maclaren, W.M. and Linchae, G. (2000). Exposure to Fire Airborne Dust Amongst Processor of Para-Aramid. Institute of Occupational Medcine, 39(4), 403–425. Danarto, Y. C., Nur, A., Setiawan, D. P., & Kuncoro, N. D. (2010). Pengaruh Waktu Operasi Terhadap Karakteristik Char Hasil Pirolisis Sekam Padi Sebagai Bahan Pembuatan Nano Struktur Supermikroporous Carbon. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia. EL-Tayeb, N. S. M., & Liew, K. W. (2009). On the dry and wet sliding performance of potentially new frictional brake pad materials for automotive industry. Wear, 266(1–2), 275–287. https://doi.org/10.1016/j.wear.2008.07.003 George, D. E. (1993). Metalurgi Mekanik. (A. B. S. Djaprie, Ed.) (ke-tiga). Jakarta: Erlangga. German, R. M. (1984). Powder Metallurgy Science, Metal Powder Industries Federation, Princeton. New Jersey, 6692–8540. Gibson, R. F. (1994). Principles of composite material mechanics. CRC press. Hardana, R. S. (2006). Pengaruh Fraksi Volume Komposit Poliester Yang Diperkuat Serbuk Sekam Padi (Rice Husk Flour) Terhadap Sifat Mekaniknya. Universitas Brawijaya. Harper, C. A. (1996). Handbook of Plastics and Elastomers (Print book). New York: McGrow-Hill Inc. Ismunadji, S. (1998). Padi 1 (1st ed.). Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jacko, M. G., Tsang, P. H. S., & Rhee, S. K. (2003). Automotive Friction Material Evolution During The Past Decade. Automative Friction Materials Evaluation During The Past Decade (Vol. 100). Kalpakjian, S. (2003). Manufacturing Processes for Engineering Materials (fourth Edi). Chicago: Pearson. Kiswiranti, D. (2009). Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 62–66. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI Klabunde, K. J. (2001). Introduction to nanotechnology. Nanoscale Materials in Chemistry, 1–13. Liu, Y., Fan, Z., Ma, H., Tan, Y., & Qiao, J. (2006). Application of nano powdered rubber in friction materials. Wear, 261(2), 225–229. https://doi.org/10.1016/j.wear.2005.10.011 Louis, S. (2004). US Survey shows imports of asbestos brake materials increasing. St. Louis. Lu, Y., Tang, C.-F., & Wright, M. A. (2002). Optimization of a commercial brake pad formulation. Journal of Applied Polymer Science, 84(13), 2498–2504. https://doi.org/doi:10.1002/app.10606 M.B. Waldron., B. L. D. (1978). Sintering. london: Hayden & Sons. Marsudi, A. H. (2014). Pengaruh Gaya Kompaksi Pada Pembuatan kampas Rem dengan Resin Serbuk Sebagai Pengikat. Teknik Mesin : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Morshed, M. M., & Haseeb, A. S. M. A. (2004). Physical and chemical characteristics of commercially available brake shoe lining materials: A comparative study. Journal of Materials Processing Technology, 155–156(1–3), 1422–1427. https://doi.org/10.1016/j.jmatprotec.2004.04.232 Muhammad. Reza., P. (2017). Uji Mekanik Komposit Berpenguat Serat Pandan Duri dan Resin dan Resin Polyester Dengan Variasi Komposisi Metoda Fraksi Berat. Teknologi Kimia Unimal, 6 : 2(November), 63–72. Ngafwan. (2006). Pemanfaatan limbah sekam padi untuk pembuatan komposit hambat panas menggunakan matrik resin, 7(1), 17–23. Nugraha, S., Setiawati, J. (2003). Peluang Agribisnis Arang Sekam, Warta Litbang Pertanian Indonesia, Balai Penelitian Pascapanen Pertanian, 25(4), 1–2. Prasad, C. S., Maiti, K. N., & Venugopal, R. (2001). Effect of rice husk ash in whiteware compositions. Ceramics International, 27(6), 629–635. https://doi.org/10.1016/S0272-8842(01)00010-4 Prasetya, H. A. (2016). Pengaruh Silika Dari Abu Sekam Padi Sebagai Bahan Subtitusi Asbes Untuk Pembuatan Kampas Rem Menggunakan Bahan Karet Alam. In Prosiding Seminar Nasional Kulit, Karet dan Plastik (Vol. 5). Pratama. (2011). Analisa sifat mekanik komposit bahan kampas rem dengan penguat fly ash batubara. Analisa Sifat Mekanik Komposit Bahan Kampas Rem Dengan Penguat Fly Ash Batubara. Universitas Hasanuddin. Ramli, Z., & Bahruji, H. (2003). Synthesis of ZSM-5 type zeolite using crystalline silica of rice husk ash. Malaysian Journal of Chemistry, 5(1), 48–55. Santoso, S., Estriyanto, Y., & Wijayanto, D. S. (2013). Studi Pemanfaatan Campuran Serbuk Tempurung Kelapa-Aluminium Sebagai Material Alternatif Kampas Rem Sepeda Motor Non-Asbestos. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Mesin, 2(1). Shackelford, J. F., Han, Y.-H., Kim, S., & Kwon, S.-H. (1992). CRC materials science and engineering handbook. CRC press. Shojaei, A., Fahimian, M., & Derakhshandeh, B. (2007). Thermally conductive rubber-based composite friction materials for railroad brakes - Thermal conduction characteristics. Composites Science and Technology, 67(13), 2665–2674. https://doi.org/10.1016/j.compscitech.2007.03.009 Sony. (2005). Kekuatan Bending dan Tarik Komposit Berpenguat Serbuk Tempurung Kelapa dan Abu Sekam Padi yang Dikombinasikan dengan Epoxy. Teknik Mesin : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suhardiman., S. M. (2017). Analisa Keausan Kampas Rem Non Asbes Terbuat Dari Komposit Polimer Serbuk Padi dan Tempurung Kelapa. JURNAL INOVTEK POLBENG, 07(2), 210–214. Sularso. (2013). Dasar Perancangan dan Pemilihan Bahan Elemen Mesin. (P.AKA, Ed.) (11th ed.). Jakarta: Pt. Pradnya, Paramita. Sumanto. (1994). Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. yogyakarta: Andi Offset. Surdia, T., & Saito, S. (1985). Pengetahuan bahan teknik. Pradnya Paramita, Jakarta. Sutikno. (2010). Pembuatan bahan gesek kampas rem menggunakan serbuk tempurung kelapa sebagai pemodifikasi gesek. Sainteknol: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 95–100. Tomášek, V., Kratošová, G., Yun, R., Fan, Y., & Lu, Y. (2007). Effects of ZrSiO4 in Non-Metallic Brake friction Material on Friction Performance. Journal of Materials Science, 44(1), 266–273. https://doi.org/10.1007/s10853-008-3041-z Vlack, V. (1994). Ilmu dan Teknologi Bahan (Ilmu Logam dan Non Logam). (Alih Bahasa Sriati Djaprie, Ed.) (ke-lima). Teknik Metalurgi. Universitas Indonesia. Erlangga: Jakarta. Widwiastuti, H., Mulyasuryani, A., & Sabarudin, A. (2013). Extraction of Pb 2 + using Silica from Rice Husks Ash ( RHA ) – Chitosan as Solid Phase. J. Pure App. Chem. Res, 2(1), 42–47. Widyastut dan, & Akbar, T. (2013). Pengaruh Temperatur dan Waktu Tahan Sintering Terhadap Kekerasan dan Modulus Elastisitas MMCs Pb-Sn Menggunakan Proses Metalurgi Serbuk Untuk Aplikasi. Jurnal Teknik Pomits, 2(1). citation: Purniawan, Beril Tegar (2019) Abu Sekam Padi Sebagai Serat Penguat Bahan Friksi Non-Asbes pada Kampas Rem Sepeda Motor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14917/1/digital_7954-eSTM-2019002%20Beril%20Tegar%20Purniawan.pdf