eprintid: 14916 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/49/16 datestamp: 2022-06-21 06:46:21 lastmod: 2022-07-12 02:04:27 status_changed: 2022-06-21 06:46:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hevyanto, Fachmy Apridio Tegar title: Analisis Terhadap Variasi Pegas Sliding Sheave pada Torsi, Daya dan Akselerasi Awal Motor Matic Type 4 Langkah OHC 108 CC ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ abstract: Sepeda motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Perbedaan dasar cvt dibandingkan dengan pemindah tenaga lain adalah cara meneruskan torsi atau daya dari mesin ke roda. Kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor yang bertenaga membuat munculnya ide-ide baru seperti penggunaan pegas sliding sheave racing yang diharapkan mampu meningkatkan tenaga mesin. Namun penggantian pegas sliding sheave yang tidak diperhitungkan dengan baik dapat mempengaruhi penurunan tenaga mesin. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil perbedaan antara dua perlakuan berbeda pada satu objek yang sama, yakni perlakuan pertama menggunakan pegas sliding sheave standar dan perlakuan kedua menggunakan pegas sliding sheave racing. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan dynotest. Untuk mengetahui besarnya torsi, daya dan akselerasi awal pada sepeda motor matic menggunakan pegas sliding sheave racing. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil torsi, daya dan akselerasi awal sepeda motor matic dengan menggunakan pegas sliding sheave standar menghasilkan rata-rata torsi, daya dan akselerasi awal sebesar 11,4 ftlb (15,45 Nm), 5,8 HP dan 0,4 m/s2. Dan hasil yang didapat saat menggunakan pegas sliding sheave racing variasi 1 (3,78 N/m) sebesar 11,2 ftlb (15,18 Nm), 6,4 HP dan 0,3 m/s2. Sedangkan hasil dari penelitian pegas sliding sheave racing variasi 2 (3,57 N/m) sebesar 11,5 ftlb, 6,5 HP dan 0,2 m/s2. Pegas uji terbaik adalah pegas sliding sheave racing variasi 2 (3,57 N/m), karena terjadi peningkatan torsi, daya maupun akselerasi disetiap putaran mesin. date: 2019-02-15 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Suyanto, Wardan. (1989). Teori Motor Bensin.Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Arends dan H. Berenschot. (1980). Motor Bensin. Jakarta. Erlangga. Soenarta, Nakoela dan Sochi Furuhama. (1995). Motor Serba Guna. Jakarta. Pradnya Paramita. Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. (2008). Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Wardoyo, “Pengaruh Modifikasi Lubang Inlet Outlet Dan Silinder head Terhadap Kenaikan Putaran Dan Daya Pada Mesin Bensin Dua Lubang Satu Silinder Untuk Sepeda Motor,” Jurnal Angkasa Vol.5, nomer 1, hal. 75-82, 2013. Rohman, Arif. (2015). Porting Saluran Masuk Bahan Bakar Megapro 160cc. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Sudaryanto. (2011). Sakti Pemeliharaan Transmisi. CV. Bina Pustaka: Bogor. PT. ASTRA HONDA MOTOR. (2008). Manual Book Honda Beat. Jakarta. Vivi Eka Oktavia, dkk. (2015). Tetapan Pegas. Jurnal. Studi MIPA UNESA. Surabaya. Sameh Bdran, dkk. (2012) IACSIT. International journal of engineering and Technology. Vol. 4, No. 4. August. Subandrio. (2009). Merawat Dan Memperbaiki Sepeda Motor Matic. Jakarta: Kwan Pustaka. Barzan Setiawan, dkk. Pengaruh Penggunaan Pegas Sliding Sheave Racing Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor. Padang Warso, dkk. (2018). Analisis Pengaruh Variasi Jenis Primary Sheave Weight CVT Dan Pemakaian Variasi Pegas Sliding sheave Terhadap Torsi Dan Daya Pada Mesin Sepeda Motor ESP 150CC. Jakarta: Edisi 10 No. 1. Irvan Ilmy dan I Nyoman Sutantra. (2018). Pengaruh Variasi Konstanta Pegas dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 CC. Surabaya: Jurnal Teknik ITS Vol. 7, No. 1. citation: Hevyanto, Fachmy Apridio Tegar (2019) Analisis Terhadap Variasi Pegas Sliding Sheave pada Torsi, Daya dan Akselerasi Awal Motor Matic Type 4 Langkah OHC 108 CC. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14916/1/digital_7953-eSTM-2019001%20Fachmy%20Apridio%20Tegar%20Hevyanto.pdf