eprintid: 14913 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/13 datestamp: 2022-06-25 05:33:28 lastmod: 2022-06-25 05:33:28 status_changed: 2022-06-25 05:33:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yuliasari, Thias creators_name: Soro, Slamet creators_id: thiasyuliasari@gmail.com title: Pengaruh Pembelajaran Online (online-learning) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online learning berbasis LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sampel berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari 36 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan variabel bebas: pembelajaran online berbasis Lembar Kerja Peserta Didik. Variabel terikat: kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Uji instrument dengan uji validitas, reliabelitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors serta uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi alfa=0,05 diperoleh thitung=2,535>1,690=ttabel. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran Online (Online-Learning) berbasis Lembar Kerja Peserta Didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Z. (2017). Filsafat dan Pemecahan Masalah Matematika. Inteligensia Media. Adjie, N. (2007). Pemecahan Masalah Matematika. Sonagar Press. Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 2, 39-46. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Berdiati, Asis Saefudin, I. (2014). Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosdakarya. Dassa, A. (2018). No TitlePemecahan Masalah Matematika. Global-RCI. Dwi Indah Rahayuningsih, M. W. (2018). Pengembangan LKPD dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 1-8. FKIP, T. D. (1988). Pengantar dasar-dasar pendidikan. Usaha Nasional. Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Berbantuan Lkpd Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.318 Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMA. 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360 Indira Wijaya, R. H. (2015). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 9 Padang. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 22, 21-33. Kahar, M. S., Wekke, I. S., & Layn, M. R. (2018). Development of Problem Solving- Oriented Worksheet of Physics Learning In Senior High School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 195. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2802 Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran : Dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Deepublish. Munir. (2009). pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta. Muslim, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 65–72. Mustakim. (2020, Mei). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pademi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. Noor, J. (2017). Metode Penelitian. Kencana. Nurlaela, Luthfiyah, I. E. (2015). Strategi Belajar Berfikir Kreatif. Ombak Dua. Rully, Indrawan, poppy, Y. (2016). Metode Penelitian. Refika Aditama. Rusman. (2010). Model-model pembelajaan: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Kharisma Putra Utama Offset. Simamora, S. J., Simamora, R. E., & Sinaga, B. (2017). Application of Problem Based Learning to Increase Students’ Problem Solving Ability on Geometry in Class X SMA Negeri 1 Pagaran. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 36(2), 234–251. Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito. Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik melalui Pembelajaran Berbasis MasalaH. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Kharisma Putra Utama Offset. Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, 6, 20-35. Situmorang, A. S. (2016). Metode Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahapeserta didik Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen T.A 2015/2016. Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3, 12-22. Qurrita A, y. D. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahapeserta didik Teknik Informatika. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, 4, 27-35. Wahab, A. A. (2008). Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Alfabeta. Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341 Yustinus. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Widya Sari Press. Zainal Abidin, R. K. (2020, Mei). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70. Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras jurnal pendidikan matematika, 2(1), 10-23. Widodo, S. (2017). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah lingkungan sekitar peserta didik di sekolah dasar. jurnal pendidikan ilmu sosial, 26(2), 189-205. citation: Yuliasari, Thias dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pembelajaran Online (online-learning) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14913/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105053_THIAS%20YULIASARI.pdf