%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %L repository14913 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online learning berbasis LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sampel berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari 36 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan variabel bebas: pembelajaran online berbasis Lembar Kerja Peserta Didik. Variabel terikat: kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Uji instrument dengan uji validitas, reliabelitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors serta uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi alfa=0,05 diperoleh thitung=2,535>1,690=ttabel. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran Online (Online-Learning) berbasis Lembar Kerja Peserta Didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. %A Thias Yuliasari %A Slamet Soro %D 2020 %T Pengaruh Pembelajaran Online (online-learning) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik