eprintid: 14912 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/49/12 datestamp: 2022-06-17 08:57:30 lastmod: 2022-06-17 08:57:30 status_changed: 2022-06-17 08:57:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purnomosidi, Sigit Maulana creators_name: Suyatno, Suyatno creators_name: Sumardi, Sumardi creators_id: sumardi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Kemampuan Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X Sma Al Muslim Tambun Bekasi. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Wacana, Argumentasi, Metode Inkuiri, pembelajaran menulis abstract: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran inkuiri melalui wacana arguemntasi kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi dan untuk mengetahui gagasan siswa dalam membaca wacana argumentasi dapat menunjukkan perkembangan kemampuannya. Teknik mengajar dengan metode inkuiri merupakan pendekatan interaktif antara siswa, pengajar dan bahan-bahan pengajaran. Dalam teknik ini, guru memperhatikan skemata ini agar bahan pelajaran lebih bermakna. Kegiatan pembelajaran ini siswa dirangsang untuk mengembangan kemampuan berfikir dan berimanijasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian eksperimen (quasi eksperimential reseach). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Penulis memilih siswa kelas X1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tes diolah menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 2,24 dengan derajat kebebasan sebesar 78 dan ttabel sebesar 1,99. Dengan demikian, thitung >ttabel = 2,24 >1,99. Berdasarkan data tes awal ( pretes) dan tes akhir (postes) diketahui bahwa nilai tingkat motivasi kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dengan angka rata-rata kelompok eksperimen sebesar 7 dan kelompok kontrol sebesar 6,5. Hasil pengolahan data penelitian di atas menunjukkan bahwa metode inkuiri dalam pembelajaran wacana arguemntasi dengan menggunakan metode inkuiri di kelas X SMA Al Muslim efektif date: 2017-11-21 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abizar. (2004), Interaksi Antara Komunikasi dan Pendidikan , Padang : UNP Press Letty S. Watt. (1986), Developing Learning Skills Through Children’s Literature. Canada : Oryx Press Adeani , I.S, (2010). Peningkatan Kemampuan memahami esai sastra melalui model pembelajaran inkuiri, Bandung UPI : Tidak diterbitkan Ahmadi , M. (1990). Komposisi bahasa indonesia , Malang : Yayasan A3 Alamsyah , (2003). Suatu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan analogi matematika , tesis pada PPS universitas pendidikan indonesia Bandung : Tidak diterbitkan Alek , A. & Achmad , H.P. (2010). Bahasa indonesia untuk perguruan tinggi jakarta : Prenada Media Group Alfiansyah , M. (2009). “Karangan / Paragraf Eksposisi”.www.setraeduksi.com. Diakses pada 1 Mei pukul 19.10 Karo Cyber Community. 2016 Alwi , H. Dkk. (2003). Tata Bahasa Indonesia Jakarta : Balai Pustaka Aminuddin, (2010). Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung : Sinar Baru Algesindo Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers Aryani, R.S.T (2006). Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui strategi Think Talk Write (Suatu PTK terhadap siswa kelas VIII A SMPN I Lembang), skripsi jurusan pendidikan matematika FPMIPA UPI, Bandung : Tidak diterbitkan http://www.thirteen.org.edoline.concept2glass/inquiry/index-sub2.html.(14 juni 2016) Finoza. (2005). Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Rhineka Cipta Hadi S. (2004). Metodologi Research Jilid 3.Yogyakarta : Andi Harjasujana, A. S. da Mulyati, Y. (1997). Membaca 2. Jakarta:Departemen Pendidikan dan kebudayaan Harras , Kholid, A. (2011). “Membaca”.Modul kuliah di UPI. Diakses dari http://file.upi.edu, pada 10 oktober 2016 together terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Bandung : UPI:Tidak diterbitkan Hutabarat , E.P. (2002). Cara belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia Iskandarwassid, S. (2009).Strategi pembelajaran bahasa.Jakarta :PT. Remaja Rosda Karya : Bandung Joyce, Bruce dan Marsha weil. (2000). Model of teaching : Model-model pengajaran. Edisi delapan. Jakarta : Pustaka Pelajar Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Kridalaksana, H. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta : PT. Gramedia Kunandar . (2007). Guru profesional (Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikat guru). Jakarta : raja Grafindo Lesmana. (2011). Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan kompetensi strategis siswa SMA. Skripsi FPMPA, Bandung : UPI Mafrukhi. (2007). Saya senang berbahasa indonesia jakarta : Erlangga Mascita D. E. (2003). Strategi membaca teks argumentasi dalam meningkatkan kemampuan membaca , Bandung : UPI : Tidak diterbitkan Mulyana.(2005). Kajian wacana.Yogyakarta : Tiara Wacana Nurgiantoro, B. (2011). Penilaian pembelajaran bahasa, Yogyakarta : BPFE Nurhadi . (1995). Tata bahasa pendidikan, landasan penyusunan buku pelajaran bahasa, semarang : IKIP semarang press citation: Purnomosidi, Sigit Maulana dan Suyatno, Suyatno dan Sumardi, Sumardi (2017) Pengaruh Kemampuan Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X Sma Al Muslim Tambun Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14912/1/SPS_INDONESIA_1408056034_SIGIT%20MAULANA%20PURNOMOSIDI.pdf