eprintid: 14909 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/09 datestamp: 2022-06-25 05:34:50 lastmod: 2022-06-25 05:34:50 status_changed: 2022-06-25 05:34:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sarman, Sri Neviyanti creators_name: Ulfah, Syafika creators_id: neviyanti88@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 21 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan beberapa indikator, yaitu klarifikasi, assessment, strategi dan taktik, serta inferensi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 khususnya kelas 8-4 di MTs Negeri 21 Jakarta tahun ajaran 2019-2020. Subjek yang dipilih terdiri dari enam siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kritis matematika yaitu tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek masing-masing dua siswa pada setiap tingkatannya. Pengelompokkan kategori dipilih berdasarkan nilai tes siswa yang diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa MTs Negeri 21 Jakarta dari ketiga soal tes yang diberikan masih tergolong rendah, hal ini berdasarkan tes dan wawancara dengan siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Kedua). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan PT Rineka Cipta. Afifah, Y., & Nurfalah, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Jenu Berdasarkan Langkah Facion Pada Pokok Bahasan Jajargenjang Dan Trapesium. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), 37–42. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak. Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748 Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 371–378. Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2), 205–221. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga. Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1 Hendryawan, S., Yusuf, Y., & Wachyar, T. Y. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Green’s Motivational Strategies. Aksioma, 8(2), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1744 Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, U. S. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa (Kesatu). PT Refika Aditama. Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (Keempat). PT Remaja Rosdakarya. Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., Xu, J., Gu, X., Cheng, Z., Yu, T., Xia, J., Wei, Y., Wu, W., Xie, X., Yin, W., Li, H., Liu, M., … Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5 IEA. (2016). TIMSS 2015 International Result in Mathematics. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/ Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111–126. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663 Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634 Khairani, K., Amry, Z., & Harahap, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 85. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/135 Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179, A1–A2. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001 Maharani, R., Rasiman, R., & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 67. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3883 Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.24815/dm.v1i2.2076 Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 427–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.427-434 Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis KEemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikma, 4(2), 129–138. Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. Nurjaman, A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 9. OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus.%0Apdf. Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932 Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(102433), 1–4. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433 Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–36. Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893 Soyomukti, N. (2016). Pengantar Filsafat Umum (III). Ar-Ruzz Media. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., Yunihastuti, E., Penanganan, T., New, I., … Cipto, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. Suwanjal, U. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Aksioma, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 02(1), 45–57. Widiantari, N. K. M. P., Suarjana, I. M., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 11. Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 59–68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58. citation: Sarman, Sri Neviyanti dan Ulfah, Syafika (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 21 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14909/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105051_SRI%20NEVIYANTI%20SARMAN.pdf