eprintid: 14908 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/08 datestamp: 2022-06-24 04:31:56 lastmod: 2022-06-24 04:31:56 status_changed: 2022-06-24 04:31:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Annisa Nur creators_name: Nurwahyuni, Nurwahyuni creators_id: nisanurpratiwi8@gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id title: Perbedaan Hasil Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Crossword dan Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi ispublished: unpub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan model Crossword dengan Word Square pada kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total . Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas A dan 30 siswa kelas B. Instrument tes dalam penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen dengan rumus Kolerasi Biserial didapat 27 soal yang valid dan 13 soal tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,8508 > 0,361 = rtabel maka intrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu, uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogen menggunakan Uji Fisher. Pada kelas Eksperimen I pengujian normalitas didapat Lhitung 0,115 < 0,161 Ltabel dan kelas Eksperimen II Lhitung 0,0982 < 0,161 Ltabel, dengan taraf signifikasi a 0,05 dan n=30 untuk kelas Eksperimen I dan n = 30 untuk kelas Eksperimen II maka dapat disimpulkan data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung untuk kelas Eksperimen I dan n = 30 untuk kelas Eksperimen II maka dapat disimpulkan data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoledk pembilang 30 dan dk penyebut 30 , maka disimpulkan varians kedua kelas sama berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,350 > 2,0021 ttabel dengan taraf signifikasi q=0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58 . Dari hasil penelitian hasil belajar PPKn kelas eksperimen 1 yang menggunakan model Cross Word mendapatkan rata-rata (mean) = 76,73; median = 76,3; modus = 77; dan simpangan baku = 13,812 sedangkan hasil belajar PPKn kelas eksperimen 2 yang menggunakan model Word Square mendapatkan rata-rata (mean) = 84,43; median = 85,5; modus = 87,25; dan simpangan baku = 10,124. Maka dari data hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Word Square jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Crossword dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SDN Jatinegara 02 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alinurdin, Alinurdin, and Ricky Avianto Putra. 2017. “Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Demonstrasi Dan Metode Diskusi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 4 (2): 85. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p85-100. Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Edited by Ersre Kleinodia Ersaelia. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta. Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar Dan Pemebelajaran. Edited by Aziz Safa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. ———. 2019. Teori Belajar Dan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Delianti, Putri Irma, Elfi Tasrif, and Ika Parma Dewi. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika 6 (1). Dewi, Dian Ayunita Nugraheni Nurmala. 2018. “Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas.” Researchgate, no. October: 1–15. www.researchgate.net/. Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Ed. 1. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hardani Oktawirawan, Dwi. 2020. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20 (2): 541–44. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932. Hayati, Nur. 2020. “Metode Pembelajaran Daring / E-Learning.” ResearchGate, no. April. Ibda, Fatimah. 2012. “PENDIDIKAN MORAL ANAK MELALUI PENGAJARAN BIDANG STUDI PPKn DAN PENDIDIKAN AGAMA.” Jurnal Ilmiah Didaktika 12 (2): 338–47. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.457. IHSAN. 2017. “Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah.” Pancasila Dan Kewarganegaraan 2 (2): 49–58. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.49-58. Imas Ratna Ermawaty, Y. Soenarto, Novita Sari. 2017. “Hubungan Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Prestasi Belajar Fisika.” ω Omega 1: 6–10. Indri Riska Saraswati, Novita. 2020. “Pemahaman Mahasiswa Terhadap Sak Dilihat Dari Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Belajar.” IKRA-ITH Ekonomika 3 (1): 23–31. Juni Priansa, Donni. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Juwita, Puspa. 2017. “Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (1): 27–36. Kuniasih, Imas, and Berlin Sani. 2015. Ragam Pembelajaran Model Pembelajaran. Edited by Adi Jay. Ed. 1. Yogyakarta: Kata Pena. ———. 2017. Lebih Memahami Konsep Dan Proses Pembelajaran Implemntasi Dan Praktek Dalam Kelas. Edited by Adi Jarot. Yogyakarta: Kata Pena. Mappeasse, Muh. Yusuf. 2009. “Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar.” Jurnal Medtek 1 (2): 1–6. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/41759083/M._Yusuf_Mappeasse.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1515041609&Signature=7EKC1L6uLmpZNbcf4jMekMPhjVg%3D&response-content-disposition=inline%3B filename%3DPENGARUH_CARA_DAN_MOTIVASI_BE. Miswandi, Miswandi. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar PKN SD Melalui Stategi Crossword Puzzle.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 2 (3): 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66. Oktavia, Sri Haryati, and Zakir Has. 2017. “PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 No 1 Tahun 2017 ISSN: 2337-652x.” PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 (1): 85–95. Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. Pramita Arif, Wiwin. 2018. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT).” Binomial 1 (9): 11–34. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. Priyono, Sigit, Eka Marwati, and Fitri Anggraini. 2018. “Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya Sigit Priyono 1 *, Eka Marwati 2 , Dan Fitri Anggraini 3 *” 2 (1): 30–43. Rachmawati, Tutik, and Daryanto. 2015. Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. Riyanda, Afif Rahman, Kartini Herlina, and B Anggit Wicaksono. 2020. “Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 4 (1): 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669. Rizki Ananda. 2018. “Peningkatan Pembelajaran PKN Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota.” Jurnal Basicedu 2 (1): 33–42. Salim, and Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Edited by Ihsan Satrya Azhar. Ed. 1. Jakarta: Kencana (Divisi Prenada Media Group). Sardiman. 2018. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Ed. 1. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ed. rev. Jakarta: PT Rineka Cipta Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Peneliti. Bandung: Alfabeta. Sunarta, Sunarta. 2016. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas 8c SMP Negeri 3 Berbah.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 13 (2): 151. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12738. Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaja Pelajaran. Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5 (1): 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. Tantri, Niki Raga. 2018. “Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 19 (1): 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018. Trianto. 2015. “Model Pembelajaran Terpadu.” In Model Pembelajaran Terpadu, Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP), edited by Trianto, 1st ed., 51–55. Jakarta: PT Bumi Aksara. Tuken, Ritha, and Kata Kunci. 2016. “Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing.” Publikasi Pendidikan VI (Ktsp 2006): 123–29. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend. Widhi Kurniawan, Agung, and Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: PANDIVA BUKU. Wikipedia. 2020. “Dalam Jaringan Dan Luar Jaringan.” Id.Wikipedia.Org. 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Dalam_jaringan_dan_luar_jaringan. Yanti, Minanti Tirta, Eko Kuntarto, and Agung Rimba Kurniawan. 2020. “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar 10 (1): 61–68. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. citation: Pratiwi, Annisa Nur dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Perbedaan Hasil Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Crossword dan Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14908/1/-FKIP_PGSD_1601025004_ANNISA%20NUR%20PRATIWI.pdf