eprintid: 14906 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/06 datestamp: 2022-06-25 05:34:43 lastmod: 2022-06-25 05:34:43 status_changed: 2022-06-25 05:34:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hermawati, Hermawati creators_name: Maarif, Samsul creators_id: herma.arfamz@gmail.com title: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Dunia Islam Pada Materi Aljabar Siswa SMP/MTS Kelas VII ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran matematika materi aljabar dengan berbasis konteks dunia islam untuk siswa SMP/MTS kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Penelitian dilakukan dengan uji kelayakan ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Sedangkan pengembangan dilakukan selama proses pembuatan bahan ajar. Rancangan penelitian menggunakan model penelitian ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Dalam penelitian ini tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan posttest. Data yang diperoleh dari metode wawancara, dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data dari angket, dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan data yang diperoleh dari metode posttest dianalisis dari hasil belajar siswa. Persentase rata-rata dari ahli materi adalah 78.75% dengan kategori Layak. Persentase rata-rata dari ahli media sebesar 76.92% dengan kategori Layak. Dan persentase dari guru matematika adalah 83.75% dengan kategori Layak. Kemudian, persentase rata-rata uji skala kecil yang dilakukan oleh delapan siswa sebesar 84.75% dengan kategori sangat Layak. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan adalah 88.6% dengan kategori sangat Layak. Sedangkan persentase uji keefektifan dari hasil posttest mendapat sebesar 83.3% dengan kategori baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aji, R. H. S. (2014). Khazanah sains dan matematika dalam Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 1(1). Ekawati, T., Anggoro, B. S., & Komarudin, K. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184-192. Firdaus, irfan. 2014. 37 Biografi Tokoh Muslim Dunia Paling Berpengaruh. Yogyakarta: Laras Media Prima Haryono 2014 filsafat matematika Haryono. 2014. Filsafat Matematika. Bandung: CV. ALFABETA Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal matematika dalam perspektif Islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182. Ketut Suastika, I., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58-61. Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan ISLAM dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 4(2), 223-236. Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 115-119. Muhtar, F. (2014). Abu Abdullah Ibn Musa Al-Khawarizmi (Pelopor Matematika dalam Islam). Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(2), 82-97. Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September. Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262-269. Nasional, D. P. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Pornamasari, E. I. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Flipbook Maker dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Teori Vygotsky Materi Pokok Relasi dan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 74-83. Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 81-88. Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223-243. Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89-110. Wahyudi, T. S. Dimensi Kemanusiaan dan Ketuhanan dalam Matematika al-Khawārizmī dan Matematika Modern. Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-12. Wulantina, E. (2018, July). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Garis dan Sudut. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 367-373). citation: Hermawati, Hermawati dan Maarif, Samsul (2020) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Dunia Islam Pada Materi Aljabar Siswa SMP/MTS Kelas VII. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14906/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105049_HERMAWATI.pdf