eprintid: 14903 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/03 datestamp: 2022-06-25 05:34:35 lastmod: 2022-06-25 05:34:35 status_changed: 2022-06-25 05:34:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pubianti, Mira Eka Tami creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: miraekatami@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Bayah ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis siswa serta jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas VIII di SMPN 1 Bayah tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 14 Maret 2020. Subjek penelitian yang digunakan adalah 5 orang siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal adaptasi PISA, instrumen tes soal adaptasi PISA (bahasa Inggris), instrumen tes soal adopsi PISA, instrumen tes soal adopsi PISA (bahasa Indonesia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa untuk instrumen yang diadopsi dari tes PISA berada di level 2 dan 3 sedangkan untuk instrumen yang diadaptasi dari tes PISA berada di level 3 dan 4, artinya kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa yaitu siswa dapat melaksanakan prosedur dengan baik termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, siswa dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang sederhana, siswa dapat menginterprestasikan dan menggunakan representasi berdasarkan pada sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya secara langsung dari yang didapat, serta siswa dapat mengembangkan komunikasi sederhana melalui hasil interpretasi dan penalaran mereka. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA adalah kesalahan penggunaan data, kesalahan penafsiran bahasa, kesalahan penggunaan rumus, kesalahan kecerobohan dan kesalahan dalam perhitungan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anriani, N. (2018). Influence of CORE Model with Scientific Approach to Students ’ Mathematical Problem Solving Ability. 161(ICISER 2017), 112–115. Aroysi, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Pisa Berdasarkan Teori Nolting. Skripsi. Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135–142. Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144. https://www.researchgate.net/publication/318529138 Haji, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA ( Programme for International Student Assessment ) di SMP Kota Bengkulu. 03(02), 107–113. Holis, M. N. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidkan Matematika, 4(2), 141–152. Ii, B. A. B. (2017). dan kultural. Menurut Nugraha (2016) Literasi berasal dari kata bahasa latin “. 9–38. Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118 Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37–51. http://digilib.unimed.ac.id/1368/2/Full Text.pdf Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370 Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam memecahkan Masalah Literasi Matematis pada Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106 Machaba, F., & Mwakapenda, W. (2017). Implications of Differences and Similarities of Mathematics and Mathematical Literacy. International Journal of Educational Sciences, 17(1–3), 148–160. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1305746 Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88 Pala, R. H., Herman, T., & Prabawanto, S. (2019). Students’ error on mathematical literacy problems. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022125 Pendidikan, K., & Jakarta, K. (n.d.). No Title. Pillai, S. P. M., Galloway, G., & Adu, E. O. (2017). Comparative Studies of Mathematical Literacy/Education: A Literature Review. International Journal of Educational Sciences, 16(1–3), 67–72. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1311625 PISA 2018 released financial literacy items. (2018). August. Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066 Setiawan, A. R. (2019). Instrumen Penilaian Pembelajaran Fiqh Mu’āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 258. https://doi.org/10.24014/ekl.v2i2.8117 Sukmawati, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dahlan, 734–743. Tong, D. H., & Loc, N. P. (2017). Students’ errors in solving mathematical word problems and their ability in identifying errors in wrong solutions. European Journal of Education Studies, 3(6), 226–241. https://doi.org/10.5281/zenodo.581482 Utomo, A. P., Narulita, E., Yuana, K., Fikri, K., & Wahono, B. (2018). Students’ errors in solving science reasoning-domain of trends in international mathematics and science study (TIMSS). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 48–53. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.11352 Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592 Yunus, J., Zaura, B., & Yuhasriati, Y. (2019). Analysis of students error according to Newman in solving mathematics problems of algebra in the form of story in second grade of SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 2(2), 308–313. OECD. (2000). Programme for International Student Assessment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264102873-en.pdf?expires=1592315044&id=id&accname=guest&checksum=6B1D62E1384F79FCB0400460E7EBC398 OECD. (2003). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: https://www.oecdilibrary.org/docserver/9789264006416en.pdf?expires=1592314985&id=id&accname=guest&checksum=05EF2FCB694F45B911FB1A8F91910CE5 OECD. (2006). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/39725224.pdf OECD. (2009). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: http://www.oecd.org/pisa/46643496.pdf OECD. (2012). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf OECD. (2015). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 21 Mei 2019, dari: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf OECD. (2018). Programme for International Student Assesment (PISA). Diunduh pada tanggal 23 Desember 2019, dari: https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf OECD. (2021). Programme for International Student Assessment (PISA). Diunduh pada tanggal 19 Juni 2020, dari: https://www.oecd.org/pisa/sitedocument/PISA-2021-mathematics-framework.pdf citation: Pubianti, Mira Eka Tami dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Bayah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14903/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105030_MIRA%20EKA%20TAMI%20PUBIANTI.pdf