eprintid: 14893 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/93 datestamp: 2022-06-24 02:52:39 lastmod: 2022-06-24 02:52:39 status_changed: 2022-06-24 02:52:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yanti, Nia Febri creators_name: Latief, Muhammad Jamil creators_id: nfebriyanti94@gmail.com creators_id: jamillatief@uhamka.ac.id title: Hubungan Penerapan Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMKKN 10 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: L1 divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan absensi fingerprint terhadap kedisiplinan siswa. Metode ini menggunakan metode Kuantitatif Asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan penggunaan random sampling yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi itu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 250 , dan sudah di hiyung menggunakan rumus slovin maka sampel yang digunakan sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. dilihat dari hasil PPM tersebut diuji dengan uji signifikansi thitung 2,127 lebih besar dari ttabel 1,487 dapat disimpulkan adanya makna hubungan variabel Absensi Fingerprint terhadap Kedisiplinan Siswa. Hasil yang peneliti dapatkan lemahnya absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa disekolah tersebut, dilihat dari nilai rxy = 0,248 dikatakan lemah. Menyatakan besar atau kecilnya sumbangan dari hasil Determinasi yang diperoleh KP = 61,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel absensi fingerprint mempunyai kontribusi sebesar 61,5% dalam mempengaruhi kedisiplinan siswa. Karena ada bebarapa faktor, seperti kurangnya pengawasan para guru, kurang nya kesadaran siswa dalam penggunaan absensi fingerprint date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Eko, N. (2009). biometrika Mengenali Sistem Indentifikasi Masa Depan (S.Jony Yud). yogyakarta: C.V ANDI OFFSET. Elly, R. (2016). HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 43–53. Fajri Tina, A. F. N. (2011). Analisis Sistem Presensi Dengan Sidik Jari Siswa SMK Negeri 2 Karangaya. Speed, 3, 78–83. Fikri, A. (2010). Menyikap Rahasia Sidik Jari (B. Mustofa, ed.). Solo: Ziyad Books. Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Ekonomi Dan Pendidikan, 1, 27–33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057 Kartawijaya, F. (2018). PENGARUH ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP PGRI 20 JAKARTA. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT), 15–26. Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. yogyakarta: Media Akademi. Kusumaningrum Eri Desi, Benty Noor Djum Djum, G. I. (2019). Manajemen 101 Peserta Didik (Yanita Nur). Depok: PT RajaGrofindo Persada. Lijan, S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suryani da). Jakarta: PT Bumi Aksara. Misbach H, I. (2010). Dahsyatnya Sidik Jari (Widyawati). yogyakarta: Visimedia. Mohammad, S. H. (2016). PENGEMBANAGAN APLIKASI PRESENSI PEGAWAI BERBASIS FINGERPRINT. Dinamika Manajemen Pendidikan, 1, 34–40. Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa Pada Sekolah Menegah Atas (Sma) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Print. Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4, 1–5. Putra, D. (2009). Sistem Biometrika (C. Widya H). yogyakarta: C.V ANDI. Putrawan Made, I. (2017). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian. Bandung: Alfabeta. Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (Husdarta,A; 9, ed.). Bandung: Alfabeta. Siagan.P, S. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (23rd ed.). Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo, M.). Bandung: Alfabeta. 102 Sujarweni, W. V. (2019). Metodelogi Penelitian Lengkap,Praktis, dan Mudah Dipahami. PUSTAKABARUPRESS. Susiyanti, Evi Agro dan Sholeh, M. (2020). Pengaruh Presensi Berbasis Sidik Jari Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 18 Surabaya. 1–12. Suwardi, dariyanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. yogyakarta: Gava Media. Tim Yayasan Indonesia Membaca. (2013). Praktis Jibas Sistem Presensi Terpadu Fingerprint. Retrieved from jibas.sptfingerprint-1.0.pdf Tulus, T. (2010). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa (Kristiandi). Jakarta: PT. Gratindo. citation: Yanti, Nia Febri dan Latief, Muhammad Jamil (2020) Hubungan Penerapan Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMKKN 10 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14893/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085025_NIA%20FEBRI%20YANTI.pdf