eprintid: 14892 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/92 datestamp: 2022-06-25 05:34:27 lastmod: 2022-06-25 05:34:27 status_changed: 2022-06-25 05:34:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad, Syifa Fauziah creators_name: Soro, Slamet creators_id: sfauziah_2209@yahoo.com title: Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 254 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 254 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini termasuk seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 254 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas VIII-4 yang dijadikan kelas kontrol dan kelas VIII-5 yang dijadikan kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes objektif yang terdiri dari pilihan ganda 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba dengan uji validitas logis. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji mann whitney. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari satu data kelas VIII-4 tersebut tidak berdistribusi normal dan kelas VIII-5 berdistribusi normal. Setelah itu, uji mann whitney karena dari salah satu data tidak berdistribusi normal. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan ukuran efek sebesar 1,296 yang tergolong tinggi. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 254 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran . In Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran (p. 3). Bandung: Alfabeta B. Uno. Darsono. (2014). The Application of Reciprocal Teaching on the Subject of Straight Line Equation in Second Grade of Junior High School. Jurnal of Education and Practice, Vol 5. Dwi Septi, d. (2014). Penerapan pembeajaran Kooperatif Class Wide Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar. In d. Dwi Septi, Penerapan pembeajaran Kooperatif Class Wide Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar (p. vol. 5 no. 2 h. 74). Kadikma. Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Arruzz Media. Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara. Hashey, J. M. (2003). Learn From Journey: Reciprocal Teaching Action Research Reading Teacher. In J. M. Hashey, Learn From Journey: Reciprocal Teaching Action Research Reading Teacher (pp. 57(3) 224-233). Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. James and James, V. (1976). Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold. Johnson, d. r. (n.d.). Math on Call : A Mathematics Hanbook, Great Source Education Group, Inc/.Houghton Mifflin Co. Megha, T. (2014). Peer Tutoring : A Step Forward Towards Inclusion. In T. Megha, Peer Tutoring : A Step Forward Towards Inclusion (p. vol. 3 No. 7 h.10). Education Confab. Muhammad, M. I. (2007). Pembelajaran Kooperatif. In M. I. Muhammad, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Palinscar, A. &. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities Cofnition and Instruction. In P. A. rown & A, Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities Cofnition and Instruction (pp. Vol 1 No 2, Hal 117-175). Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Stardar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Santoso, S. (2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta: Kreasi Pena Gading . Shaleh, A. R. (2009). Psikologi ( Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam ). Jakarta: Prenada Media Group. Sugihartono, d. (2013). Psikologi Pendidikan. In d. Sugihartono, Psikologi Pendidikan (p. 85). Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA. Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. In Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif (p. 64). Sidoharjo: Masmedia Buana Pustaka. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Trianto, A. d. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. citation: Ahmad, Syifa Fauziah dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 254 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14892/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105026_SYIFA%20FAUZIAH%20AHMAD.pdf