%D 2020 %L repository14892 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 254 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini termasuk seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 254 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas VIII-4 yang dijadikan kelas kontrol dan kelas VIII-5 yang dijadikan kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes objektif yang terdiri dari pilihan ganda 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba dengan uji validitas logis. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji mann whitney. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari satu data kelas VIII-4 tersebut tidak berdistribusi normal dan kelas VIII-5 berdistribusi normal. Setelah itu, uji mann whitney karena dari salah satu data tidak berdistribusi normal. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan ukuran efek sebesar 1,296 yang tergolong tinggi. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 254 Jakarta. %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 254 Jakarta %A Syifa Fauziah Ahmad %A Slamet Soro