relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14890/ title: Pengaruh Model Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Abad Ke-21 Siswa Kelas IV SDN 1 Tugu Cimanggis Depok Jawa Barat creator: Haris, Adonis AL creator: Mayarni, Mayarni subject: L Education subject: Q Science (General) description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari metode pembelajaran hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kritis IPA abad ke-21 pada materi bunyi kelas IV SDN 1 Tugu Cimanggis pada Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan product moment sebanyak 12 soal essay dengan 10 soal valid dan 2 soal drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus alpha cronbach diperoleh rhitung== 0,664 > rtabel = 0,3671, maka data tersebut dapat memiliki soal yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors. Hasil perhitungan pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan tindakan pembelajaran hypnoteaching diperoleh nilai Pre-test Lhitung 0,0853. Kemudian sesudah diberikan perlakuan tindakan pembelajaran hypnoteaching diperoleh nilai Post-test Lhitung 0,1279. Dari kedua data yang diperoleh dengan Lhitung > Ltabel 0,0853, 0,1279 < 0,1618, maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, Hasil perhitungan diperoleh fhitung 1.148 < Ftabel 1.85 maka Ho diterima, artinya kedua data mempunyai varians yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 3,503