eprintid: 14887 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/48/87 datestamp: 2022-06-17 08:58:33 lastmod: 2022-06-17 08:58:33 status_changed: 2022-06-17 08:58:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Srihatiningsih, Ratna creators_name: Hardjatno, N. Jenny M.T. creators_name: Sumardi, Sumardi creators_id: sumardi@uhamka.ac.id title: Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Cerita Rakyat (Penelitian Tindakan Kelas X SMA Negeri 12 Kota Tangerang). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Kemampuan Menulis, Menulis Cerpen, Media Cerita Rakyat abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), yaitu penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kolaborator untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap kegiatan pada setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu peristiwa proses pembelajaran menulis cerpen, subjek penelitian, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes yaitu menulis cerita pendek dan teknik nontes yaitu observasi dan wawancara. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Data yang terkumpul dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indiktor keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita rakyat dapat meningkatkan keaktifan, perhatian, dan minat siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Disamping itu, penggunaan media cerita rakyat juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimpikasi pada kemampuan menulis cerpen siswa. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan sebelum tindakan sampai pada tindakan setiap siklusnya. Nilai rata-rata yang dicapai sebelum tidakan 59,3. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 70,4 mengalami peningkatan sebesar 8,6%, dan pada siklus II menjadi 79,2 mengalami peningkatan 5,9%. date: 2017-11-21 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah , Sabarti dan Maidar G. Arsyad. 2012.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Aksan, Hermawan. 2011. Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa. Alwasilah, A. Chaedar , dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat. Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: Bumi Mekar. Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Asrori, Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima. Azhar, Arsyad. 2015. Media Pemebelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Creswell, Jhon W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Danandjaya, James. 1997. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti. Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa. DePorter , Bobbi dan Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terjemahan Alwiyah Abdulrahman. Bandung: Kaifa. Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Saintifik. Emzir dan Saiful Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali pers. Heaton, J.B. 1993. Writing English Language Test. London: Longman Group. Jabrohim dan Chairul Anwar. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Denpasar: Pustaka Larasan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. __________________________________. 2016. Guru Pembelajar. Muslih, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Classroom Action Research): Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. Nurgiantoro, Burhan . 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press. _________________ 2011. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta. Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media. Sudarman, Paryati. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta. Sumardi. 2012. Panduan Apresiasi Cerpen: untuk Siswa dan Mahasiswa. Jakarta: Uhamka Press. Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai. Sutama, Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Thahar, Harris Effendi. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tashakkori, Abbas dan Charles Teddlie. 2010. Mixed Methodology; Menombinasikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka. Peningkatan Kemampuan citation: Srihatiningsih, Ratna dan Hardjatno, N. Jenny M.T. dan Sumardi, Sumardi (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Cerita Rakyat (Penelitian Tindakan Kelas X SMA Negeri 12 Kota Tangerang). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14887/1/SPS_INDONESIA_1408056030_RATNA%20SRIHATINGSIH.pdf