eprintid: 14886 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/48/86 datestamp: 2022-06-17 07:32:19 lastmod: 2022-06-17 07:32:19 status_changed: 2022-06-17 07:32:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amarullah, Hilman Sandrio creators_name: Rahman, Nurlina creators_name: Ramadhan, Said title: Implementasi Teori Alan H. Monroe dalam Rumah Cerita Anak Melalui Dongeng terhadap Anak Usia Dini pada Program School to School di Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: H divisions: 70201 abstract: Mendongeng kini menjadi hal yang langka. Anak-anak lebih akrab dengan media massa, khususnya televisi. Rumah Cerita Anak adalah sanggar dongeng yang menyajikan berbagai koleksi cerita anak yang memiliki unsur edukasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi teori Alan H. Monroe di Rumah Cerita Anak melalui dongeng untuk anak usia dini pada program school to school di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan teori Alan H. Monroe. Teori ini digunakan untuk melihat tahapan motivasi Rumah Cerita Anak dalam menyuguhkan dongeng pada anak usia dini. Peneliti juga menggunakan teori retorika persuasif untuk melihat pendapat, sikap, dan tindakan seseorang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam, analisis data dilakukan dengan analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Cerita Anak pada program school to school memenuhi 5 indikator yang terdapat dalam teori Alan. H. Monroe. Kelima indikator tersebut meliputi perhatian (attention), kebutuhan (need), kepuasan (satisfaction), visualisasi (visualization) dan tindakan (action). Dalam menjalankan program school to school, Rumah Cerita Anak menggunakan retorika persuasif untuk mempengaruhi audiens anak-anak agar mengenal ragam budaya Indonesia sejak dini yang dikemas melalui dongeng. Konstribusi penelitian ini meliputi kontruktivisme, teoritis, yaitu: Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada teori Alan H. Monroe, khususnya ketika digunakan untuk meneliti tahapan mendongeng untuk anak. Penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya metode analisis isi kualitatif. Selain itu, diharapkan memberi pemahaman pada pendidik yang ingin memberikan pelajaran melalui dongeng serta bermanfaat bagi Rumah Cerita Anak agar dapat meningkatkan teknik mendongeng. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdurahman, Oemi. 1993. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Alumni. Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Agus, Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Alan H. Monroe. 191955. Principles And Types Of Speech.United States of America: Scott, Foresman and company Ardianto, Elvinaro. 2007. Komuikasasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekama Media. Ardiantono dan Q-Aness. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekama Media. Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta Mizan. Baedhowi, 2004. Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan. Jakarta: diSertasi Departemen Ilmu Administrasi. Fisip. Universitas Indonesia. Baskin, Ots. 2010. Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika. Bertens, 1975. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka. Bungin, Burhan. 2007. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana. Chabib, Thoha. 1996. Kapita salekta Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cutlip, Center dan Broom. 2009. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana. Danandjaja, James. 1991. Folkar Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Grafiti. Darmojuwono, Subardjo. 1992. Perencanaan Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dozier, D.M., & Broom, G.M. 1995. Evolution of The Manager Role In Public Relation Practice Effendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. .1989. Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. . 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak (jilid 1 edisi keenam). Jakarta: Erlangga. Hendrikus, Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju. Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi Perspektif, Proses dan Konteks. Bandung: Widya Padjajaran. Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group. Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana. Little Jhon, Stephen W, dan Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi. Theories Of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika. Malik, Dedy Djamaludin. 1994. Komunikasi Persuasif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maarif, zainul. 2015. Retorika Metode Komunikasi Publik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Muhammad, Dr Arni. 2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumu Aksara Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. . 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengatar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group Rakmat, Jalaludin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. . 2011. Retorika Modern. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rivai, Veithzal. 2003. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Ruslan, Rosady. 2000. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. . 2003. Metode Penelitian Public Relatios dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Soetijingsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Kencana. Susilo, Muhammad Joko. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan kesiapan Menyongsongya. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. West, Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Wibowo, Wahyu.2003. Manajemen Bahasa: Perorganisasian Karangan Pragmatik Dalam Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Dan Praktik Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Yusuf, Zainal Abadin. 2013. Pengantar Retorika, Bandung: Pustaka Setia. citation: Amarullah, Hilman Sandrio dan Rahman, Nurlina dan Ramadhan, Said (2016) Implementasi Teori Alan H. Monroe dalam Rumah Cerita Anak Melalui Dongeng terhadap Anak Usia Dini pada Program School to School di Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14886/1/FISIP_ILKOM_0806015069_HILMAN%20SANDRIO%20AMARULLAH.pdf