eprintid: 14885 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/48/85 datestamp: 2022-06-17 08:58:39 lastmod: 2022-06-17 08:58:39 status_changed: 2022-06-17 08:58:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Subekti, Mukodas Arif creators_name: Solihati, Nani creators_name: Tarmini, Wini creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas X SMA PGRI 117 Ciledug). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 note: keterampilan menulis cerita pendek, model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural. abstract: Keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA PGRI 117 Ciledug masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Selama ini, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek. Model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural berbasis Multikultural diharapkan tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakahpeningkatan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA PGRI 117 Ciledug setelah mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek melalui model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural? (2) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X SMA PGRI 117 Ciledug setelah mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek melalui model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural?Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek.Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah variable menulis cerita pendek dan variable model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu I dan II, dengan batas kriteria ketuntasan minimal 75 pada siklus II. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan data nontes berupa lembar observasi, angket siswa, wawancara, dan dokumentsi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural, keterampilan menulis cerita pendek siswa meningkat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal 62,04, pada siklus I menjadi 71,61, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 79,78. Peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis cerita pendek melalui model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural. date: 2017-12-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ai Lugiawati. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Strategi Kontekstual dengan menggunakan Media Gambar" (Penelitian tindakan di kelas X-3 SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi). Jakarta: Uhamka. Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya. Artati, Sri Yuni. 2012. Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Minat Menulis terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur). Jakarta: Uhamka Haryati, Nas. 2007. Apresiasi Prosa. Semarang: Unnes. Kosasih, E. 2009. Mantap Bersastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya. Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Tyas Yoga Kreasindo. Liliweri, Alo. 2003. Dasar-dasar komunikasi antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mulyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Uhamka. Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press. . 2009. Penilaian Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media. Solichin, M. Awi. 2011. Tentang Menulis, Mengapa Menulis, Dan Menulislah!. Yogyakarta: New Diglossia. Subekti, Mukodas Arif. 2010. Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Media Video Klip dan Lirik Lagu sebagai Kata Kunci menggunakan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas X-A SMA N Banyumas. Semarang: Skripsi Unnes. Subyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Sukino. 2009. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar. Suryana, Yaya dan Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. Bandung: Pustaka Setia. Taniredja, Tukiran dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. . 2013. Menulis. Bandung: Angkasa. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Utami, Sri, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. Wahyudi, Siswanto. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo. Waluyo, Herman J. 2002.Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widyasari Press. citation: Subekti, Mukodas Arif dan Solihati, Nani dan Tarmini, Wini (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas X SMA PGRI 117 Ciledug). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14885/1/SPS_INDONESIA_1408056028_MUKODAS%20ARIF%20SUBEKTI.pdf