eprintid: 14879 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/79 datestamp: 2022-06-24 04:31:22 lastmod: 2022-06-24 04:31:22 status_changed: 2022-06-24 04:31:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setianingrum, Meilina Dewi creators_name: Zulfadewina, Zulfadewina creators_name: Kodri, Safrul creators_id: zulfadewina@uhamka.ac.id creators_id: safrul_kodri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIS Assanusiah Jakarta Barat. ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Assanusiah Jakarta Barat pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan pemberian tes setelah diberikan perlakukan (posttest). Instrumen sebelum diberikan kepada responden penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus KR-20 sebesar 0,866. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas kontrol didapat Lhitung = 0,076 < Ltabel = 0,161, sedangkan untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,161 Maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,095 < Ftabel = 0,86 hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik menggunakan uji-t didapat thitung = 2,264 > ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, sedangkan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bobby De Porter, dkk., 2014. Quantum Teaching. Bandung: Mizan Media Pustaka. Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuntitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Nandang Kosasih dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta. Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Rostina Sundayana. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Sutirman. 2013. Media Dan Model–Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Widi, Asih Wisudawati dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group. citation: Setianingrum, Meilina Dewi dan Zulfadewina, Zulfadewina dan Kodri, Safrul (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MIS Assanusiah Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14879/1/FKIP_PGSD_1301045327_MEILINA%20DEWI%20SETIANINGRUM.pdf