eprintid: 14872 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/48/72 datestamp: 2022-06-17 08:59:12 lastmod: 2022-06-17 08:59:12 status_changed: 2022-06-17 08:59:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sukaedi, Asep creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pengaruh Media Pembelajaran dan Tingkat Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Menulis Cerpen (Eksperimen di MTs Darul Ulum, Jakarta Barat). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: media pembelajaran, tingkat kemandirian, kemampuan menulis cerpen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpan. Penelitian tersebut merupakan studi eksperiman dengan desain faktorial 2X2 yang dilakukan di kelas VII MTs Darul Ulum. Untuk menguji hipotesis, data dianaliais dengan ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen secara bermakna. (2) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpen. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bagi siswa dengan tinggkat kemandirian tinggi dan rendah media pempelajaran audio lebih baik daripada media visual. date: 2017-05-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah, Sabarti. Arsjad, Maidar G., dan Ridwan, Sakura H.. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Alwasilah, A. Chaedar dan Alwasilah, Senny Suzanna. 2007. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama. Aminnudin. 2002. Pengantar Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: PT Pribumi Mekar. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.RajaGrafindoPersada. Azies, Furqonul dan Hasim, Abdul. 2010. Menganalisis Fiksi; Sebuah Pengantar. Bogor: Galia Indonesia Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta Cox, D.R. & Reid, N.. 2000. The Theory Of The Design Of Experiments. New York: Chapman & Hall. Creswell, John W. 2003. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. California: Sage Publication. Darajat, Zakiah. 2000. Perawatan Jiwa Untuk Anak. Jakarta: Bulan Bintang. Endaswara, dkk. 2005. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Radhita Buana. Enterprise, Jubilee. 2011. Melejitkan Otak Lewat Gaya Menulis Bebas (Freewriting). Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Faisal, Sanapiah. 2005. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia; Untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta : Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi. Gie, The Liang. 2007. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty. Hefni, Zizi. 2012. Panduan Mudah Mengarang Untuk SD. Jogjakarta: Diva Press. Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: NUANSA CENDIKIA. Kamii, Constance. 2000. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000; Kemandirian Sebagai Tujuan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Kurniawan, Heru. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kesten, Cyril Kesten. Independent Learning. Diakses dari situs http://www.sasked.go.sk.ca/docs/policy/cels/el7.html. Kuncoro, Mudrajad. 2009. Mahir Menulis; Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom, dan Resensi Buku. Jakarta: Erlangga. Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Mihardja, Ratih. 2007. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara Mulyanta dan Leong, Marlon. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya. Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rasdakarya. Mulyasa, E.. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran;Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Gaung Prasada Press. Mu’tadin, Zainudin. 2002. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologi Remaja. Jakarta Grasindo. Naga, Dali S.. 2004. Pengantar Teori Sekor Pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma. Nahayana, Maman Soetarman. 2008. Bahasa Indonesia Kreatif. Jakarta: Penaku. Nasir, Zulhasril. 2010. Menulis Untuk Dibaca: Feature & Kolom. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Nurgiyanto, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yoyakarta: Gajah Mada Universitas Press. Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yoyakarta: BPEE. Nurudin.2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press. Prasasti, S.. 2004. 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara. Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak. Purwandari, Retno dan Qori’ah. 2012. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Familia. Rasyad, Aminudin. 2003. Teori Blajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press. Riyanto, T.. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Grasindo. Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Perss. Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Grafindo Press. S, Suhamijaya ; D, Yansen D. & A, Dana D. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewirausahaan. Bandung: Angkasa. Sadiman, Arief S. 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali. Santrock, John W.. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Saramago, Jose. 2007. Blindness; Ketika Negeri Tanpa Nama Dilanda KebutaanMasal. Jakarta: Ufuk Press PT. Cahaya Insan Suci. Schunk, Dale H.. 2012. Learning Theoris; An Educational Perspective. Boston: Pearson Education Inc. Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press. Semiawan, Conny R. dkk.. 2007. Memupuk Bakat dan Kretivitas Siswa Menengah. Jakarta: Gramedia. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya. Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sudarman, Paryati. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugono, Dendy. 2014. Peran dan Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Industri Kreatif Kebahasaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sukardi, Edy. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta: UHAMKA PERS. Sumardi. 2009. Panduan Apresiasi Cerpen. Jakarta: UHAMKA PRESS. Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Supranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas dan Interprestasi Hasil Test. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. Suyatno. 2011. Cerdas Membaca: Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka Press. Suyuti, Sumianto A.. 2000. Pengajaran Sastra: Pengantar Pengajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Tarigan, Djago. 2009. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung : Angkasa. Tarigan, H. Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Piri Thomas. 2010. Amigo Brothers. Short Stories For Student. New York City Public School. Vol. 28. Uno, Hamzah B.. 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara. Wibowo, Wahyu. 2002. 6 Langkah Jitu Agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Winkel, W.S.. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. Yamin, Martinis. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers. Yusuf, S.. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. citation: Sukaedi, Asep dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2017) Pengaruh Media Pembelajaran dan Tingkat Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Menulis Cerpen (Eksperimen di MTs Darul Ulum, Jakarta Barat). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14872/1/SPS_INDONESIA_1308056039_ASEP%20SUKAEDI.pdf