TY - THES TI - Pengaruh Media Pembelajaran dan Tingkat Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Menulis Cerpen (Eksperimen di MTs Darul Ulum, Jakarta Barat). AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14872/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpan. Penelitian tersebut merupakan studi eksperiman dengan desain faktorial 2X2 yang dilakukan di kelas VII MTs Darul Ulum. Untuk menguji hipotesis, data dianaliais dengan ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen secara bermakna. (2) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpen. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bagi siswa dengan tinggkat kemandirian tinggi dan rendah media pempelajaran audio lebih baik daripada media visual. KW - media pembelajaran KW - tingkat kemandirian KW - kemampuan menulis cerpen ID - repository14872 A1 - Sukaedi, Asep A1 - Akhadiah, Sabarti A1 - Ibrahim, Nini Y1 - 2017/05/19/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka M1 - masters ER -