eprintid: 14867 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/48/67 datestamp: 2022-06-17 08:59:53 lastmod: 2022-06-17 08:59:53 status_changed: 2022-06-17 08:59:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Badriyah, Badriyah creators_name: Darma, Yoce Aliah creators_name: Sumardi, Sumardi creators_id: sumardi@uhamka.ac.id title: Perjuangan Perempuan dalam Dwilogi Novel Sekar Karya Muttaqwiati dan Iimpilkasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP (Kajian Sastra Feminis) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Novel Sekar, Pembelajaran Sastra, Dwilogi Novel abstract: Tesis ini merupakan hasil penelitian yang mengungkapkan tentang perjuangan dari tokoh utama, seorang remaja perempuan dalam mencapai cita-citanya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi serta tokoh pendamping yang turut membantu memperjuangkan cita-citanya. Metode yang dilakukan dalam peneltian ini adalah metode kualitatif. Metode strategi penelitian kualitatif merupaka analisis yang akan mendeskripsikan data-data yang dalam tesisi ini berbentuk perjuangan seorang remaja perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaan dirinya untuk menentukan nasib dirinya dalam menuntut ilmu Perjuangan perempuan yang tidak hanya dilakukan di kota besar, namun juga terasa gema sampai ke pelosok desa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perjuangan perempuan dalam dwilogi novel karya muttaqwiati, bahwa penulis seorang perempuan, mampu menggambarkan kegigihan tokoh utama Sekar yang sebagai remaja perempuan desa, yang berjuang demi cita-cita melanjutkan pendidikan (sekolah SMA). Disamping itu pula menggambarkan tokoh-tokoh pendamping lainnya yang mendukung perjuangan tokoh utama. Implikasi dalam pembelajaran sastra pada peserta didik di dalamnya, memuat nilai vertikal, dimana perempuan yang sudah akil balig dapat menjalankan perintah agamanya dengan merdeka. Di samping itu pula adanya nilai-nilai feminis. nilai nilai feminis yang dapat diterapkan kepada peserta didik berbentuk hormat terhadap orang tua, memiliki semangat belajar tinggi, etos kerja, dan kemandirian yang tinggi. date: 2016-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah M. Karibin, Sabart. 2013, Modul Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Sps UHAMKA. Aliah Darma, Yoce. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: CV. Yrama Widya. Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Arya Tirta, Putu, 1980.Antologi Puisi, Jakarta: Nusa Indah. Asrori, Mohammad 2009, Psikologi Pembelajaran, Jakarta:CV Wacana Prima, As-Sayyid, Muhammad Ahmad durrah, 2011, Pustaka Pengetahuan Al-Quran jilid 3 Kehidupan Sosial, Indonesia: PT Rehal Publika, Cleves Mosse, Julia, 2007, Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. KBBI edisi ke-3. Jakarta:Balai Pustaka. Djojosoroto, Kinayati dan Noldy Pelenkahu. Teori Apresiasi dan Pembelajaran Prosa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009. Djoko Damono, Sapardi, 2014, Sosiologi Sastra Pengantar Ringkas, editum; Jakarta Brown, H. Doglas,. 1994. Principle of language Learning and Teaching Third Edition, NewJersey: A. Paramont Communication Company, Endraswara, Suwardi, 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: PT Buku Seru. Emzir dan Saifur Rohman, 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT RajaGrafindo Perkasa. E. Shelly, Taylor, Letita Anne Peplau, Davud O. Sears, 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana Fakih, Mansour, 2013, Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Forster, E. M.. 1979. Aspek-Aspek Novel, Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka. Hayat, Edi dan Miftahus Surur, 2005, Perempuan Multikultural, Jakarta: Desantara Utama Helwigg, .Tineke 2003. Bercermin dalam Bayangan, Citra Perempuan dalam Sastra Indonesia, Judul asli In The Shadow of change Images of women in Indonesia Literature. Jakarta: Desantara Utama Hughes, A, G dan E.H. Hughes. 2012. Learning & Teaching: Pengantar Psikologi Pembelajaran Modern. Bandung: Nuansa. Ibung,Dian, 2009, Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kementrian Agama RI, 2012, Al-Quran dan Terjemanya, Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,2012 Kebijakan dan Strategis Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan, Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional,, 2016 Design Induk Gerakan LIterasi Sekolah, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan : buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudaya, Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif, Kenney,William, 1966How to Analyze Fiction United State of America: Monarch Press, Kosasih,E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Puisi, Prosa, Drama. Jakarta: Edumedia Kutha Ratna, Nyoman, 2012, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Lickona,Thomas 2013, Educating For Character, Jakarta: Bumi Aksara Littell, McDougal, 2008Literature Evanston, Illinois, Boston, Dalas: Houghton Mifflin Company Lukens, Rebecca J. Critical Handbook of Children’s Literature: Fifth Edition. United States of America, Harper Collins College Publishers, 1995. Moeleong,Lexy J. 2014, metodologi penelitian kualitatif. Bandung.Remaja Karya. Mulyono, 2011, Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, UIN: Maliki Press, Muttaqwiati, 2005. Sekar Menguak Tabir Cinta Dwilogi 1. Jakarta: Zikrul Remaja -----,2005, Sekar Cinta itu Berlabuh Sudah Dwilogi 2,Jakarta: Zikrul Remaja Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Uiversity Perrs. Nurhayati, Eti, 2012, Psikologi Perempuan Dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta; Pustaka Pelajar. Oemarjati, Boen S. 2012. Pengajaran Sastra dan Budaya. Jakarta: UI Perss. Oemaryati,Boen S. 2012, Mengakrabkan Sastra, Jakarta:UI Press, Perrine, Laurence, 1978. Story and Sturcture, America: Harcourt Brace Jovanovich. Ratna,Nyoman Kutha , 2012. Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Republika, nomor 110/tahun ke 22, Rabu 29 Mei 2015 Saabah, Marzuki Umar, .1997. Seks dan Kita.Jakarta: Gema Insani Press San, Suyadi, 2013, Drama, Konsep dan Teori Kajian, Medan: Partama Mitra Sari. Shihab, Quraish, 1995, Membumikan Al-Quran, Bandung:Mizan Sugihastuti dan Istna Hadi Saptiawan, 2010, Gender dan Inferioritas Perempuan: Praktik Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Sudjiman,Panuti. 1988, Memahami Cerita Rekaan, Jakarta: Pustaka Jaya. Sugihastuti, Sugihasto, 2013. Kritik Sastra Femins Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sulaiman, Sofyan dan Lutfi Hamid, 2009. Pengarusutamaan Gender, Yogyakarta: Nun Pustaka Sumardi. 2012. Panduan Apresiasi Cerpen untuk siswa dan mahasiswa. Jakarta: UHAMKA Press, Sumardjo, Jakob & Saini K.M., Apresiasi Kesusastraan (Jakarta: Gramedia, 1988), Sutan Syahrir, 1982, Sosialisme Indonesia, Pembangunan Jakarta: Lembaga Penunjang Pembangunan Nasional, Suryakusuma,Julia 2012, Agama, Seks, & Kekuasaan, kumpulan tulisan 1979-2012, Depok: Komunitas Bambu,. Teeuw,A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: PT Gramedia. Umar, Anshorir, 1981. Fiqih Wanita. Semarang: CV Asy-syifa Wellek,Rene. Dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan . Jakarta: PT Gramedia Wena,Mde, 2011, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta:Bumi Aksara Mde Wena,2011, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara Wirawan Sarwono, Sarlito. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa. Yandianto, 2000, Apresiasi Sastra dan Pujangga Indonesia, Pelengkap BukuTeks Bahasa Indonesia. Bandung: M2S. Yamin, Martinis, 2013. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Perss. Perjuangan Perempuan citation: Badriyah, Badriyah dan Darma, Yoce Aliah dan Sumardi, Sumardi (2016) Perjuangan Perempuan dalam Dwilogi Novel Sekar Karya Muttaqwiati dan Iimpilkasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP (Kajian Sastra Feminis). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14867/1/SPS_INDONESIA_1308056001_BADRIYAH.pdf