%K Novel Sekar, Pembelajaran Sastra, Dwilogi Novel %X Tesis ini merupakan hasil penelitian yang mengungkapkan tentang perjuangan dari tokoh utama, seorang remaja perempuan dalam mencapai cita-citanya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi serta tokoh pendamping yang turut membantu memperjuangkan cita-citanya. Metode yang dilakukan dalam peneltian ini adalah metode kualitatif. Metode strategi penelitian kualitatif merupaka analisis yang akan mendeskripsikan data-data yang dalam tesisi ini berbentuk perjuangan seorang remaja perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaan dirinya untuk menentukan nasib dirinya dalam menuntut ilmu Perjuangan perempuan yang tidak hanya dilakukan di kota besar, namun juga terasa gema sampai ke pelosok desa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perjuangan perempuan dalam dwilogi novel karya muttaqwiati, bahwa penulis seorang perempuan, mampu menggambarkan kegigihan tokoh utama Sekar yang sebagai remaja perempuan desa, yang berjuang demi cita-cita melanjutkan pendidikan (sekolah SMA). Disamping itu pula menggambarkan tokoh-tokoh pendamping lainnya yang mendukung perjuangan tokoh utama. Implikasi dalam pembelajaran sastra pada peserta didik di dalamnya, memuat nilai vertikal, dimana perempuan yang sudah akil balig dapat menjalankan perintah agamanya dengan merdeka. Di samping itu pula adanya nilai-nilai feminis. nilai nilai feminis yang dapat diterapkan kepada peserta didik berbentuk hormat terhadap orang tua, memiliki semangat belajar tinggi, etos kerja, dan kemandirian yang tinggi. %L repository14867 %A Badriyah Badriyah %A Yoce Aliah Darma %A Sumardi Sumardi %T Perjuangan Perempuan dalam Dwilogi Novel Sekar Karya Muttaqwiati dan Iimpilkasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP (Kajian Sastra Feminis) %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka %D 2016