eprintid: 14864 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/64 datestamp: 2022-06-25 05:33:50 lastmod: 2022-06-25 05:33:50 status_changed: 2022-06-25 05:33:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Syifani creators_name: muntazhimah, muntazhimah creators_id: Syifaniputri98@gmail.com creators_id: muntazhimah@uhamka.ac.id title: Potret Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika FKIP UHAMKA Tahun 2019/2020 ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Syifani Putri: 1601105010. “POTRET RESILIENSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA FKIP UHAMKA TAHUN 2019/2020”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2020. Penelitian ini bertujuan utuk memotret bagaimana resiliensi matematis mahasiswa pendidikan matematika FKIP UHAMKA 2020 yang ditinjau dari aspek semester, gender, dan status ekonomi keluarga. Penelitian ini dilaksanakan di UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis data menggunakan model rasch. Sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling. Instrumen diuji cobakan kepada 126 mahasiswa, dengan angket resiliensi matematis berjumlah 32 pernyataan dan menghasilkan 3 pernyataan tidak valid. Pengujian reliabilitas instrument angket dengan menggunakan program Winstep mendapatkan hasil 0,98, yang berdasarkan kategori model rasch angket dinyatakan istimewa, yang berarti reliabel tinggi. Hasil analisis data yang diolah dengan model rasch menunjukkan bagaimana potret dari resiliensi matematis mahasiswa yang ditinjau dari semester, gender dan status ekonomi keluarga, yang secara keseluruhan hasil data menunjukkan pada tingkatan resiliensi matematis sedang, namun dari tinjauan semester resiliensi matematis paling tinggi dimiliki oleh mahasiswa semester 4, dari tinjauan gender dimiliki oleh mahasiswa perempuan, serta data juga menunjukkan resiliensi matematis semakin tinggi ketika status ekonomi keluarga semakin tinggi, sehingga dapat diintrepretasikan resiliensi matematis mahasiswa pendidikan matematika UHAMKA selaku calon guru matematika berada pada tingkat sedang. Kata Kunci: Resiliensi Matematis, Model Rasch, Semester, Gender, Status Ekonomi Keluarga. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdu, S. B., Babakura, A., & Tela, M. G. (2020). Impacts of Parent ’ s Socio-Economic Status on Academic Performance among Public Secondary School Students in Maiduguri , Borno State. 8(1), 58–64. Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. 2(4), 697–709. Alghifari, O. F., Education, V., Kompetensi, S., & Dasar, K. (n.d.). Materi Pembelajaran ( Pengembangan Materi ) Pengertian Materi Pembelajaran Isi Pembelajaran Pengembangan Materi Pengorganisasian Materi Hal-Hal yang dipertimbangkan Dalam Mengembangkan Ruang Lingkup ( Scope ) Materi Struktur Materi. AMALIYAH, A. (2019). Profil kemampuan penalaran logis siswa ditinjau dari resiliensi matematis. Annur, M. F. (2020). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. 6356, 195–201. Ariyanto, L., Tsalatsa, A. N., & Prayito, M. (2018). Analisis Free Orientation Dan Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. JIPMat, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2419 Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868. Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5004 Das, D. (2019). Academic Resilience Among Children from Disadvantaged Social Groups in India. Social Indicators Research, 145(2), 719–739. https://doi.org/10.1007/s11205-018-1899-y Djafar, D., Wahyuni, E. I., & Reziyustikha, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Informatika Akademi Manajemen Belitung). Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.38 Dr. Ir. Herien Puspitawati, M.Sc., M. S. (2015). Pengenalan Konsep Gender , Kesetaraan dan Keadilan Gender. 0–19. Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). No Title. 1–16. Eliza, R. (2020). Hubungan Resiliensi Dan Faktor Gender Terhadap High Order Thinking Skills Mahasiswa Tadris Matematika Ptkin Di Sumbar. Kafaah: Journal of Gender Studies, 10(1), 105–118. http://www.kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/314 Fallis, A. . (2013). Kinerja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Hutauruk, A. J. B. (2017). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif. 01(01), 7–16. Hutauruk, A. J. B. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7–16. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i01.76 Hutauruk, A. J., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. Imam, A. (2011). Pengertian Belajar dan Pembelajaran Matematika. 11–41. Johnston-Wilder, S., & Brindley, J. (2015a). DEVELOPING MATHEMATICAL RESILIENCE IN SCHOOL-STUDENTS WHO HAVE EXPERIENCED REPEATED FAILURE Developing Mathematical Resilience View project Game-based learning View project. https://www.researchgate.net/publication/315741077 Johnston-Wilder, S., & Brindley, J. (2015b). DEVELOPING MATHEMATICAL RESILIENCE IN SCHOOL-STUDENTS WHO HAVE EXPERIENCED REPEATED FAILURE Developing Mathematical Resilience View project Game-based learning View project. April 2017. https://www.researchgate.net/publication/315741077 Jusmiati, D. (2017). No Title. Komala, E. (n.d.). M ATHEMATICAL R ESILIENCE M AHASISWA PADA M ATA K ULIAH S TRUKTUR A LJABAR I M ENGGUNAKAN P ENDEKATAN E XPLISIT. 6(September 2017), 357–364. Kooken, J., Welsh, M. E., Mccoach, D. B., Johnston-wilder, S., & Lee, C. (2015). Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale. https://doi.org/10.1177/0748175615596782 Lee, C., & Johnston-Wilder, S. (2017). The Construct of Mathematical Resilience. In Understanding Emotions in Mathematical Thinking and Learning. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-802218-4.00010-8 Lumbantoruan, H. (2019). Hubungan Religiusitas dan Status Sosial Ekonomi dengan Kesejahteraan Psikologis Siswa SMP Negeri 6 Binjai, Magister Psikologi Universitas Medan Area, 2019 Haposan. Morales, E. E. (2008). Exceptional female students of color: Academic resilience and gender in higher education. Innovative Higher Education, 33(3), 197–213. https://doi.org/10.1007/s10755-008-9075-y Muntazhimah, M., & Ulfah, S. (2020). Mathematics resilience of pre-service mathematics teacher. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1442–1445. MZ, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. 12, 14–31. Niehues, W., Kisbu-sakarya, Y., & Selcuk, B. (2020). Motivation and maths achievement in Turkish students : are they linked with socio-economic status ? Motivation and maths achievement in Turkish students : Educational Psychology, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1724887 Nindi, L., Marfu, R., & Nurhudaya, I. (2018). Indonesian Journal of Educational Assessment Analisis Tes Keterampilan Berpikir Kritis Remaja ( TKBKR ) Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi : Analisis Pemodelan Rasch The Analysis of Critical Thinking Skills Test of Adolescent ( TKBKR ) in Biology Education. 2(1), 31–38. Nurfauziah, P., & Fitriani, N. F. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Scientific Berbantuan Vba Excel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 28–37. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1633 Paul M. Muchinsky. (2012a). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Paul M. Muchinsky. (2012b). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Prajitno, S. B. (2008). Pengetahuan, metode ilmiah, dan teori. Jurnal Penelitian Publik, 1–29. Purnomo, S. (2016). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGETAHUI LEVEL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERDASARKAN ANALISIS MODEL RASCH. Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. Al-Khwarizmi, 2, 1–10. Reilly, D., Neumann, D. L., & Andrews, G. (2017). Investigating Gender Differences in Mathematics and Science : Results from the 2011 Trends in Mathematics and Science Survey. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9630-6 Rini, A. V. M. (2016). Resiliensi siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro. 39(5), 97. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/6196 Sembiring, J. O. (2013). Bab Iii Metode Penelitian a. METODE PENELITIAN ILMIAH, 84, 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933 Subijanto. (2014). Studi Jajak Pendapat Kebijakan Pendidikan Menengah Universal*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 14. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i1.514 Sukamolson, S. (2007). Fundamentals of quantitative research Suphat Sukamolson, Ph.D. Language Institute Chulalongkorn University. Language Institute, 20. https://doi.org/9781848608641 Sumintono, Bambang & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan. October, 1–127. Sungko, E. (2020). Pengaruh resiliensi terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Bachelor Thesis, August, 1–9. Surya Dharma, MPA., P. (2008). Pendekatan, jenis, dan metode penelitian pendidikan. Thornton, S., Statton, J., & Mountzouris, S. (2012). Developing Mathematical Resilience among Aboriginal Students The Alberton Cluster of Schools A Purposeful Approach to Mathematisation and Contextualisation. Mathematics Education Research Group of Australasia Incorporated (MERGA). Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal ( Usia 12- 16 Tahun ) di Kabupaten Ponorogo. 2(2), 190–210. Zanthy, L. S. (2018). K Ontribusi R Esiliensi M Atematis Terhadap K Emampuan. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85–94. citation: Putri, Syifani dan muntazhimah, muntazhimah (2022) Potret Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika FKIP UHAMKA Tahun 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14864/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105010_SYIFANI%20PUTRI.pdf