eprintid: 14863 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/63 datestamp: 2022-06-25 05:33:59 lastmod: 2022-06-25 05:33:59 status_changed: 2022-06-25 05:33:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dita Saskia, Tifany creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: tifanyditasaskia@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: TIFANY DITA SASKIA: 1601105008. “Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gesture yang terjadi pada siswa tunanetra ketika di berikan rangsangan matematis berdasarkan teori belajar Bruner dan untuk mengetahui kecerdasan majemuk yang dominan pada diri siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra dengan golongan buta total (blind). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif menggunakan bantuan software ATLAS.ti sebagai alat untuk mempermudah proses analisis. Berdasarkan penelitian ini, gesture yang muncul pada siswa tunanetra selama penerapan teori belajar Bruner adalah sebanyak 84 kali. Terdiri dari 43 kali gesture ikonik, 21 kali gesture metaforik, dan 20 kali gesture diektik. Dengan persentase kemunculan gesture ikonik sebesar 50,5%; gestur metaforis sebesar 25,9%; dan gesture diektik 23,6%. Pada peneapan teori belajar buner dapat menghasilan kecerdasan kinestetik lain yang dominan diantaranya bercerita, mendongeng, bernyanyi, dan murotal. Kata kunci: gesture, siswa tunanetra, teori belajar Bruner. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriansyah, E. A. (2018). Penggunaan Software ATLAS.ti sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 53–63. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.260 Ali, S., Rose Alinda, A., Syed Norris, H., Marlia, P., Siti Hamisah, T., Cotet, G. B., … Othman, A. (2018). DUKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG TUNANETRA DI IAIN SURAKARTA (Institut Agama Islam Negeri Surakarta Guna). https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005 Antonius, D. (2019). Gesture the secret of body lenguage and facial expression. Jakarta: PsikologID. Arifiana, K. P. (2016). Memahami Komunikasi Guru dan Siswa Tunanetra dalam Pembentukan Konsep Diri Skripsi Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Penyusun Nama : Kh. Bruno, L. (2019). PENERAPAN TEORI BRUNER DAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Dahar, R. W. (2017). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Dwandaru Desetya Nurajab. (2016). KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN DOMINO BRAILLE TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNANETRA KELAS 1 DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA; Vol. 3). https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666 Elvierayani, R. R. (2016). Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Jurnal Reforma, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.13 Fadiana, M. (2016). Peran Gesture dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Masif II, 44–49. Hardianto, Subanji, & Rahardjo, S. (2016). Analisis Penggunaan Gesture Untuk Siswa Dalam Proses Diskusi. Pedagogy, 1(2000), 36–47. Heflina. (2015). E-JUPEKhu MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA MANIK-MANIK BAGI ANAK TUNANETRA KELAS D-4 SLB TUNANETRA PAYAKUMBUH E-JUPEKhu. 4, 28–39. Herdiansyah, H. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Inklusi. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 04, 1044–1060. Retrieved from http://staiabogor.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/5-V-04-N-08-JULI-2016.pdf Lestari, D. (2013). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 129–141. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/121377-ID-penerapan-teori-bruner-untuk-meningkatka.pdf Manastas, L. (2014). Strategi Mengajar Siswa Tunanetra. Yogyakarta: Imperium. Ortega, G., Schiefner, A., & Özyürek, A. (2019). Hearing non-signers use their gestures to predict iconic form-meaning mappings at first exposure to signs. Cognition, 191(June), 103996. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2019.06.008 Putra, A. N. P., Tampubolon, B., & Rosnita. (2016). Pengaruh Penerapan Teori Bruner terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas iii Sekolah Dasar. Pendidikan, 1–9. Romano, M. K., & Windsor, K. S. (2020). Increasing deictic gesture use to support the language development of toddlers from high poverty backgrounds. Early Childhood Research Quarterly, 50, 129–139. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.12.004 Takaya, K. (2015). Bruner’s Theory of Cognitive Development. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 2, 880– 885. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23095-X Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan bimbingan konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Wahyuni, R. (2017). BUKU GIZI BRAILLE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TUNANETRA. 1(1), 59–64. Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 147. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.233 citation: Dita Saskia, Tifany dan Wahidin, Wahidin (2022) Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14863/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105008_TIFANY%20DITA%20SASKIA.pdf