eprintid: 14860 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/48/60 datestamp: 2022-06-17 08:59:46 lastmod: 2022-06-17 08:59:46 status_changed: 2022-06-17 08:59:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Supriyati, Supriyati creators_name: HP, Achmad creators_name: Sukardi, Sukardi creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Hubungan Minat Baca dan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Ilmiah ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Minat Baca, Berpikir Kritis, dan Kemampuan Menulis Ilmiah, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan berpikir kritis serta ada tidaknya hubungan interaksi antara keduanya terhadap kemampuan menulis ilmiah. Minat baca dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas kognitif dan intelektual. Sedangkan berpikir kritis dalam hal ini adalah proses berpikir sistematis dalam mentukan kebenaran dan ketepatan serta keyakinan berdasarkan logika, fakta, dan bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 255, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada tahun 2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 255 di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta, dengan sampel sebanyak 71 siswa yang diambil dengan teknik random. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik korelasi. Rancangan penelitian yang digunakan secara deskriptif dan inferensial dilakukan dengan analisis regresi ganda dan korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif antara minat baca dengan kemampuan enulis ilmiah. Terdapat hubungan positif antara berpikir kritis dengan kemampuan menulis ilmiah. Terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara minat baca dan berpikir kritis dengan kemampuan menulis ilmiah. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis Ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan minat baca dan berpikir kritis. date: 2016-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahuja, Pramila dan Ahuja, G.C. 2004. Membaca secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat buku Utama. Akhadiah, Sabarti, Arsjad, Maidar G. dan Ridwan, Sakura H. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. AL, Costa (ed). 1985. Developing mind: A resource book for teaching thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development. Alwi, Hasan. 2011. Bahasa Indonesia Pemakai dan Pemakainya. Jakarta, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Arifin, E. Zaenal. 2006. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo. Benyamin Molan. 2012. Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: Indeks. Bloomfield, Leonard. 1976. Language. London: George Allen & Unwin Ltd. C, Semiawan.1982. Memupuk Bakat dan Kretivtas Peserta Didik sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali. Couture, Barbara (ed). 1986. Functional Approaches to Writing Research Perspective. London: Frances Printer (Publisher). Davies, Katie. 1983. Sentences Combining & Paragraph Construction. New York: McMillan Publishing Co,Inc. Diharti, Sri. 2014. Pengkaji pada Tindakan atau Aksi. Sulawesi Utara, Tribunnews.com Gagne, Robert M. and Briggs, Leslie J. 1992. Principles of Instrukctional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston. Hadley, Alice Omaggio. 1993. Teaching Language in Context. Boston, Massachusetts: Heinle & Heinle Publishers. Harris, David P. 1979. Testing English as A Second Language. New York: Mc.Graw- Hill Book Company. Heaton, J. B. 1998. Writing English Language Tests. Longman: Longman Group Limited. HP, Achmad. 2010. Makalah Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Kreatif. Jakarta. -----------------.1996. Penyusunan Makalah Dengan Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar. Jakarta: Lokakarya Guru-Guru Bidang Bahasa Arab SMU. JM, Sawrey and CW, Telford. 1986. Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon. Lado, Robert. 1964. Language Teaching. New York: McGraw Hill, inc. LD, Crow and A, Crow. 1973 Human Development and Learning. New York: American Book co. Madsen, Harold S. 1983. Techniques in Testing. New York: Oxfotd University Press. Moeliono, Anton. 1989. Kembara Bahasa Kumpulan Karangan Tersebar. Jakarta: PT Gramedia. Murti Bunanta. 2004. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Pustaka Tangga. Nasution, S. 2002. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara. Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra. Yoyakarta: BPFE. Nurhadi.1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung, Sinar Baru. Nurjamil, Daeng dan Sumirat, Warta. 2010. Penunutun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI. Nystrand, Martin (ed). 1982. What Writers Know. London: Academic Press, Inc. Palmer, Frank. 1971. Grammar. England: Penguin Books, hlm.11- 13 Publishing Co,Inc. Porter, Bobbi De & Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa. Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Rosda Karya. Reid, Joy M. and Linstrom, Margareth. 1985. The Process of Paragraph writing. Engelwood Cliffs. New Jersey: Regents/ Prentice Hall. RJ, Corsini and AJ, Auerbach. 1996. Concise Encyclopedia of Psychology. New York: John Willey & Sons. Ruggiero,Vincent Ryan. 1988. The Art of Thinking. New York: Harper and Row Publisher. Safari. 1997. Pengujian dan penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Kartanegara. Stemberg, Robert J. 1994. Encyclopedia of Human Intellegence. New York: Macmillan Publishing Company. Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugono, Dendy. 2012. Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Uhamka dan HPBI. Jakarta: kampus Uhamka. Suyitno, Imam. 2012. Menulis Makalah dan artikel. Malang:Refika Aditama. Tarigan, H. G.. 1986. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. TL, Good and JE, Brophy. 1990. Educational Psychology. A Realistic Approach. New York: Longman. White, Ronald V. 1983. Guidelines for Writing Activities. A Magazine for 16 Language Teachers. Singapore: Seameo Regional Language Centre. Y, Rusyana. 1984 Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Diponegoro. Yaumi, Muhamammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat. Zen, Zulfikar.2013. Makalah workshop peningkatan minat baca bagi siswa SMP. citation: Supriyati, Supriyati dan HP, Achmad dan Sukardi, Sukardi (2016) Hubungan Minat Baca dan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Ilmiah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14860/1/SPS_INDONESIA_1008056041_SUPRIYATI.pdf