eprintid: 14840 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/48/40 datestamp: 2022-06-17 03:08:00 lastmod: 2022-07-12 02:12:44 status_changed: 2022-06-17 03:08:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purnomo, Heri title: Studi Penerapan Tekanan Common Rail Terhadap Torsi Pada Mesin Kubota Satu Silinder ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ divisions: 21201 abstract: Perkembangan teknologi di bidang otomotif telah banyak berkembang pesat, baik di dalam mesin bensin maupun mesin diesel. Common rail merupakan salah satu teknologi yang ada didalam mesin diesel yang menyerupai teknologi yang ada di mesin bensin yang biasa di sebut EFI (Electronic Fuel Injection). Pada umunya teknologi ini sudah banyak iterapkan di mesin diesel kendaraan mobil yang memiliki empat buah silinder. Penelitian ini dilakukan untuk membahas penerapan common rail terhadap tekanan dan torsi pada mesin diesel kubota satu silinder. Di mulai dengan pengujian mesin diesel kubota yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan tekanan 500 bar, 600 bar dan 700 bar dengan berbagai tingkat kecepatan mesin. Hasil dari pengujian ini berupa besaran angka kemudian di buat menjadi diagram garis dan grafik regresinya kemudian disimpulkan. Dari hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa tekanan 500 bar, 600 bar dan 700 bar yang diberikan kepada mesin diesel common rail kubota satu silinder dengan menggunakan berbagai kecepatan mesin memiliki pengaruh terhadap torsi. date: 2015-08-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: 1. Toyota Astra Motor, 1997, New Step 1, Jakarta: National Service Division Training Center. 2. Departemen Pendidikan Nasional, 2004,Pemeliharaan/Service Sistem Bahan Bakar Diesel, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. 3. Anton Rivai, Komponen Motor Bakar Diesel, http://anton-Rivai.blogspot.com/2011/12/komponen–sistem-bahan-bakar-diesel-dan.html, Diakses tanggal 21 Januari 2015 jam 05.05 WIB 4. Gogik Ibnu Sartono dan Nut Candra Aruka, 2013, Fungsi dan Cara Kerja Common Rail, Malang : Universitas Negeri Malang 5. Ir. Philip Kristanto, 2015, Motor Bakar Torak (Teori & Aplikasinya),Yogyakarta: Andi 5. Wiranto Arismunandar, 2002, Motor Diesel Putaran Tinggi, Jakarta: PT. Pradnya paramitha 6. Arends, BPM & Barenschot, H. (1980). Motor Bensin. Jakarta: Erlangga 7.www.google.com,TeknologiMesinDiesel,http://afrizalbahri.files.wordpress.com/2013 /05/ teknologi – motor - diesel.pdf, di akses tanggal 7 Oktober 2014 jam 15.51 WIB citation: Purnomo, Heri (2015) Studi Penerapan Tekanan Common Rail Terhadap Torsi Pada Mesin Kubota Satu Silinder. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14840/1/digital_6010-eSTM-2015005%20Heri%20Purnomo.pdf