eprintid: 14830 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/48/30 datestamp: 2022-06-16 08:11:46 lastmod: 2022-06-16 08:11:50 status_changed: 2022-06-16 08:11:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami, Widiati creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Haryati, Farida creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Persepsi Mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiya Prof. Dr. HAMKA terhadap Tayangan Dua Hijab di Trans7 ispublished: pub subjects: H divisions: 70201 abstract: Dua Hijab merupakan program acara di Trans7 dengan tema fashion hijab yang memberikan aneka tips dan inspirasi dalam berpakaian dan berhijab. Di tengah pemakaian hijab masa kini yang begitu modis dan modern banyak pro dan kontra. Hijab saat ini cenderung dipandang sebagai tren mode dan bukan sebagai aturan syariat. Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiya Prof. Dr. HAMKA terhadap tayangan Dua Hijab di Trans7. Paradigma penelitian ini adalah positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif. Asumsi teori ini bahwa individu mempunyai kemampuan memproses informasi. Kemampuan memproses informasi tergantung kepada faktor kognitif, yang perkembangannya berlangsung secara bertahap. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskrptif dan metode survei. Populasi penelitiaan adalah mahasiswi Fakultas Agama Islam UHAMKA yang berjumlah 390 mahasiswi. Sampel penelitian 80 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket pengamatan dan studi pustaka. Teknik pengolahan data, uji validitas, dan reabilitas dilakukan dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan tabel frequency berada pada kategori sedang yaitu 51,2% dengan frekuensi 41 responden dipernyataan item hijab modern dan 50% dengan frekuensi 40 responden dipernyataan item hijab syar’i, Ini berarti persepsi mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA terhadap tayangan Dua Hijab di Trans7 layak dikenakan oleh mereka. Responden lebih memandang hijab sebagai style daripada sebagai kewajiban untuk memenuhi syariat. Secara akademis penelitian selanjutnya diharapkan bisa menggunakan teori behaviorisme untuk mengetahui lebih dalam mengenai persepsi khalayak. Secara metodologis penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan metode delphie technique dalam pengumpulan data. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan kepada group Trans Media untuk memberikan tayangan yang edukatif dan informatif. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. ________________. 2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia, Kuliah Dasar. Jakarta: Professional Books. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. ________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar Penyiaran, Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Kencana. Hartiningsih. 2014. Komunikasi Massa Televisi Dan Tayangan Kekerasan Dalam Mendekatkan Kasus. Jakarta: Rajawali Pers. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana. _________________. 2012. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. McQuail, Denis. 2011. McQuail’s Mass Communication Theory: Buku 2, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika. Mufid, Muhammad. 2007. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Morissan. 2008. Manajemen MEDIA PENYIARAN. Jakarta: Prenada Media Grup. Morissan. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia. Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: PT Grasindo. Nurudin. 2003. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Cespur. Rahmawati, Indah dan Dodoy Rusnandi. 2011. Berkarier di Dunia Broadcast, Televisi dan Radio. Bekasi: Laskar Aksara. Rakhmat, Jalaludin, 1985. Psikologi komunikasi. Bandung: Remadja Karya CV Riswandi. 2009. Dasar-dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Sandjaja dan Albertus Heriyanto, 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Siauw, Felix Y. 2015. Yuk, Berhijab. Jakarta: Alfath Press. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Tankard, James W dan Werner J. Severin. 2008. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan Di Dalam Media Massa edisi keempat. Jakarta: Prenada Media Group. Taylor, Shelley E, dkk. 2009. Psikologi Sosial edisi ke duabela. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Walgito, Bimo. 1989. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu. Widjaja, W. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara. Riyadi, Dhany. 2012. Persepsi Warga Swadarma Raya Kampung Baru RW 02 Kelurahan Ulujami Jakarta Selatan Terhadap Tayangan Reality Show “Jika Aku Menjadi” Di Trans7. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Sagitha, Anindita Novi. 2011. Persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap Tayangan Opera Van Java Di Trans7. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Arly, Wenny. 2012. Persepsi Siswa SMAN 3 Depok Terhadap Tayangan Pesbukers di ANTV. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA SUMBER LAIN: http://www.trans7.co.id/?v=artikel&id=3 (diakses pada tanggal 18 April 2016 pukul 15.30 wib) http://www.pikore.com/duahijabtrans7 (diakses pada tanggal 18 April 2016 pukul 15.30 wib) https://www.youtube.com/watch?v=FQ6eGgwl1V8 (diakses pada tanggal 12 Mei 2016 pukul 10.00 wib) https://www.youtube.com/watch?v=fHplcIGaMf4 (diakses pada tanggal 12 Mei 2016 pukul 10.15 wib) https://www.youtube.com/watch?v=R86XjtLr8L0 (diakses pada tanggal 12 Mei 2016 pukul 10.30 wib) https://www.youtube.com/watch?v=0lxF8M99DGE (diakses pada tanggal 12 Mei 2016 pukul 10.45 wib) https://www.instagram.com/p/BDa2c0Rsy3L/?taken-by=duahijabtrans7 (diakses pada tanggal 12 Mei 2016 pukul 16.00 wib) https://twitter.com/duahijabt7 (diakses pada tanggal 18 April 2016 pukul 15.30 wib) citation: Utami, Widiati dan Basuki, Maryono dan Haryati, Farida (2016) Persepsi Mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiya Prof. Dr. HAMKA terhadap Tayangan Dua Hijab di Trans7. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14830/1/FISIP_ILKOM_1206015093_WIDIATI%20UTAMI.pdf