eprintid: 14827 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/27 datestamp: 2022-06-25 05:35:19 lastmod: 2022-06-30 10:45:41 status_changed: 2022-06-25 05:35:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nursapitri, Liza creators_name: Handayani, Isnaini creators_id: Lizanursapitri98@gmail.com creators_id: isnaini_handayani@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3436-8981 title: Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Pangkal Pinang ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMA Muhammadiyah Pangkal Pinang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel yang digunakan berjumlah 26 peserta didik SMA Muhammadiyah Pangkal Pinang. Pengumpulan data variabel dengan cara memberikan angket resiliensi matematis dan tes komunikasi matematis. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Croanbach’s Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan dengan tingkat hubungan sangat tinggi antara resiliensi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai = 0,8720, koefisien determinasi. Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dipengaruhi oleh resiliensi matematis. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 34–43. Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasar pada Kemampuan Resiliensi Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 253–262. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar EVALUASI PENDIDIKAN (R. Damayanti (ed.); Kedua). PT Bumi Aksara. Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. 2, 862–868. Azizah, S. N., & Maulana, D. F. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa SMA. Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika, 222–228. Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). FAKTOR GENDER DAN RESILIENSI DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. Journal of Medieves, 2(1), 129–136. Hutauruk, A. J.B., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067 Hutauruk, Agusmanto J.B. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7–16. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i01.76 Komala, E. (2017). MATHEMATICAL RESILIENCE MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPLISIT INSTRUCTION INTEGRASI PEER INSTRUCTION. Jurnal Mosharafa, 6(3), 357–364. Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp di tinjau dari resiliensi matematik. 1(5), 933–940. Kurniawati, A., & Sutirna. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Journal Homepage, 514–528. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); kedua). PT Refika Aditama. Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470 Putri, A. A. H., Latipun, & Fasikhah, R. S. S. (2020). Treatment resiliensi berbasis formula gambar penanganan kepada remaja dengan orang tua bercerai (Pertama). Psychology Forum. Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352. Robiah, S., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN MINAT BELAJAR MATEMATIS SISWA SMK NEGERI 1 CIHAMPELAS. Journal On Education, 01(02), 365–371. Sembiring, R. F. br, & Siregar, R. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Serunai Matematika, 12(1), 52–59. Sudjana. (2005). METODA STATISTIKA (keenam). PT TARSITO BANDUNG. Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 67–77. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/393 Sugiyono. (2015). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN (Ke dua pul). ALFABETA. Sukriadi, S., Basir, A., & Rusdiana, R. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sudut Dan Garis Di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 65–73. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.85 Zanthy, L. S. (2018). K ONTRIBUSI RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. citation: Nursapitri, Liza dan Handayani, Isnaini (2020) Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Pangkal Pinang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14827/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105044_LIZA%20NURSAPITRI.pdf